Headline

Tol Gempol-Bangil Seksi 1A Diprediksi Selesai April 2017

PASURUAN-Secara bertahap proyek tol Gempol-Pasuruan mulai selesai. Untuk ruas 1A Gempol-Bangil sedikit terhambat, lantaran ada beberapa lahan yang belum bisa dieksekusi. “Kami perkirakan April ini tuntas sehingga pengerjaan konstruksi bisa dipercepat dan diperkirakan puasa nanti selesai,” kata Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan, Agus Purnomo, Rabu (12/4/2017).

Sementara untuk seksi 1 (Gempol-Rembang) sepanjang 13,9 kilometer ditargetkan beroperasi pada pertengahan Ramadan 2017. Bahkan diharapkan bisa dipakai jalur mudik. Pengerjaannya sudah mencapai 98 persen. Berdasarkan data seksi 1 , belum tuntasnya pembebasan lahan. Ada sekitar 14 bidang (4000 meter) yang belum bebas. Tujuh bidang masih konsinyasi di PN Bangil, sisanya masih proses sengketa. “Masalah pembebasan lahan hanya di seksi 1A Gempol-Bangil. Seksi 1B Bangil-Rembang tak ada masalah bahkan kontruksi sudah tuntas setahun lalu jadi selama setahun kami lakukan perawatan,” terangnya.

Seksi 1B Bangil-Rembang baru diresmikan Jumat (31/3) lalu. Ruas ini menghubungkan Kota Bangil ke Pusat kawasan industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 kilometer yang menghubungkan daerah Gempol dengan Kota Pasuruan merupakan bagian Trans Jawa yang menghubungkan antar kota utama di Jawa Timur.

Tol Gempol-Pasuruan dibagi atas 3 seksi, yakni seksi 1 yang menghubungkan Gempol dan Rembang sepanjang 13,9 km. Kemudian diteruskan oleh seksi 2 dari Rembang menuju Pasuruan sepanjang 8,1 km dan seksi 3 sepanjang 12,15 km dari Pasuruan dan berakhir di simpang susun Grati. **

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top