Nasional

Tingkatkan Energi Panas Bumi, New Zealand Datangi DPR

XCE6A7OEoovxElCzuS_9z-jb0IzAPchOSSaVTUuDcPpkeLLxc2vfABfFLfeaHCc9yXxc19kRlVsgB_LQCDBgSPLFWSiLKJ3pBtRft4zpy31KQ9c=w462-h318-nc

JAKARTA, New Zealand sebagai negara yang pemanfaatan geothermalnya (panas bumi) mencapai 60 %, ingin terus memperkuat kerja sama eksplorasi geothermal dengan Indonesia.

New Zealand ingin membantu Indonesia memaksimalkan pemanfaatan geothermal untuk secara perlahan meninggalkan energi fosil.

Demikian mengemuka saat Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto saat menerima Kepala GNS of Geothermal Science, New Zealand Greg Bignall, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Kerjasama dengan New Zealand ini sudah berjalan dengan baik. Untuk itu Greg Bignal ingin terus memperkuatnya agar pemanfaatan geothermal di dunia bisa segera menggantikan energi fosil.

“Kami banyak dapat bimbingan dari GNS New Zealand. Kita ingin meningkatkan geothermal nasional yang sekarang baru dieksplor 5-6 persen. Beda dengan di New Zealand yang sudah 50-60%,” ujarnya.

Menurut politisi Demokrat itu merupakan kemajuan yang cukup tinggi. Dimana setelah DPR terlibat dalam pemanfaatan geothermal, kini terus membaik. “Kita harus pacu terus pemanfaatannya,” kata Agus.

Dikatakan, energi geothermal merupakan energi baru terbarukan dan tak pernah habis. Dengan ekosistem yang ada berupa hujan dan air yang masuk ke perut bumi, lalu dijadikan uap, maka energi ini bisa terus terbarukan untuk dimanfaatkan.

Karena itu kata Agus, kestabilan ekosistem ini harus terus dijaga, agar sumber energi geothermal makin maksimal.

Dimana bantuan teknis dari New Zealand sedang diarahkan ke Way Sano, NTT, tempat eksplorasi geothermal dilakukan. Sehingga New Zealand ingin memperkuat kerja sama ini sehingga mendapat banyak manfaat bagi dua negara.

“Demikian juga pemerintah New Zealand sangat mendorong kemajuan geothermal di Indonesia. Sekarang transfer knowledge dari New Zealand ke Indonesia juga sudah cukup bagus,” pungkas Agus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top