Perbankan

Suku Bunga Acuan Tak Berubah

images

JAKARTA-Rapat triwulanan Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 13-14 Desember 2017 memutuskan mempertahankan suku bunga acuan “7-Day Reverse Repo Rate” pada 4,25 persen.

Bank sentral juga mempertahankan suku bunga penyimpanan dana perbankan di BI (Deposit Facility) sebesar 3,5 persen dan suku bunga penyediaan likuiditas ke perbankan dari BI (Lending Facility) sebesar lima persen. “Kebijakan ini berlaku sejak 15 Desember,” kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, (14/12/2017).

Menurut Dody, Keputusan tersebut menyusul keputusan The Fed yang menaikan suku bunga acuannya menjadi 1,5% pada 13 Desember 2017.
Sejalan dengan keputusan menahan bunga acuan tersebut, deposit facility tetap di level 3,5%. Begitu juga dengan lending facility tetap di level 5%. “Keputusan ini konsisten dengan upaya untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan dan mendorong perekonomian dengan tetap mempertimbangkan dinamika ekonomi global dan domestik,” ujarnya

BI memandang pelongaran kebijakan moneter yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya telah memadai untuk mendukung perekonomian domestik.

Namun, pihaknya mewaspadai risiko yang datang dari eksternal berupa perkembangan ekonomi global terkait pengetatan kebijakan moneter negara-negara maju dan faktor geopolitik.

Sementara risiko dari dalam negeri, konsolidasi yang terus berlanjut dan intermediasi perbankan yang belum kuat. Selain itu, kinerja investasi yang belum merata dan belum kuatnya konsumsi rumah tangga. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top