Headline

Sudah 50 WP Ikut Tax Amnesty, DJP Jatim Peroleh Tebusan Rp6,62 Miliar

liputan6.com

SURABAYA-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim I mengungkapkan saat ini program Tax Amnesty sudah berjalan. Bahkan dari 50 wajib pajak (WP) yang mendaftar sudah mendapatkan nilai tebusan sebesar Rp 6,62 miliar hingga Kamis (4/8/2016). “Dari 50 WP itu, nilai harga yang diungkap mencapai Rp310,6 miliar. Jumlah itu, kemudian ditebus dengan pembayaran pajak senilai 2 persen,” kata Kepala Kanwil DJP Jatim I, Estu Budiarto kemarin.

Lebih lanjut Estu menyebutkan, selama program ini diluncurkan sejak 18 Juli 2016 lalu, sudah ada WP yang berkonsultasi untuk ikut Tax Amnesty sebanyak 1.972 WP. Sementara yang baru melakukan masih 50 WP. “Jadi masih banyak yang konsultasi. Harapan kami yang konsultasi ini kemudian juga segera melakukan pengungkapan dan penebusan,” terangnya.

Menurut Estu, pihaknya masih menunggu dari Dirjen Pajak soal target dari program tax amnesty tersebut. Alasannya saat ini masih proses pembahasan APBN-Perubahan tahun 2016. “Nanti kalau sudah selesai dibahas akan dibreakdown ke seluruh kanwil pajak,” ucapnya.

Meski belum ada target baru, Jatim I agresif melakukan sosialisasi program ini ke seluruh warga masyarakat. Selain melakukan kampanye dengan pawai di jalan-jalan protokol kota Surabaya, juga melakukan sosialisasi kepada nasabah perbankan serta para pengusaha yang diundang.

Saat ini, di luar program Tax Amnesti, Kanwil DJP Jatim I, yang memiliki 13 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Kota Surabaya, mendapatkan target penerimaan pajak sebesar Rp 44 triliun. Saat ini, hingga 4 Agustus 2016, Estu menyebut sudah tercapai 37 persen.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top