Nasional

Subsidi Transportasi Pemprov Jatim Diapresiasi Presiden

sinarpt.blogspot.com

JAKARTA—Langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyubsidi biaya transportasi demi menekan harga beras mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pengendalian harga beras dapat menekan angka inflasi. “Ada inovasi yang baik, Jawa Timur intervensi di transportasi,” kata Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Selain Jawa Timur, kata Jokowi, DKI Jakarta juga mengintervensi harga komoditi pangan. Contohnya daging kalau di luar dijual Rp 11.000-Rp 120.000/kg. Pemda DKI Jakarta menjual menjual Rp 39.000/kg. “Ini intervensi, ada subsidi di situ. Saya kira kota lain seharusnya bisa melakukan itu,” tegasnya.

Memang banyak daerah kini menyelenggarakan pasar murah, namun Jokowi berharap pemerintah daerah menyasar hal yang lebih detil seperti yang dilakukan Jatim dan DKI Jakarta.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta pemerintah daerah yang belum memiliki Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk segera membentuk tim itu, sehingga harga-harga terus bisa stabil dan terkendali. “Ada beberapa kabupaten/kota yang belum memiliki, ini segera dibentuk. Penting sekali. Di situ ada kepolisian, Kejaksaan, dan Bank Indonesia,” ujarnya.

Presiden juga menginstruksikan kepada Polres, Kejaksaan, Pemda, dan BI untuk selalu mengecek gudang penyimpanan bahan-bahan pokok secara berkala, sehingga bentuk intervensi dapat tepat sasaran. “Dicek seminggu, dua minggu, satu bulan. Apakah menumpuk terlalu banyak? berarti mau main-main harga apakah mereka sudah tidak punya stok? Itu kita hrs tahu,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top