Industri & Perdagangan

Star up Kelas UMKM Jadi Perhatian Dunia Islam

suaraumkm.com

JAKARTA-Dunia Islam menyadari kekuatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting dalam menggerakkan perekonomian. Karena memberikan kontribusi yang cukup signifikan. “Saya ingin menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan sektor usaha dan kita memberikan harapan tinggi pada kerja sama pemimpin-pemimpin negara, pembuat kebijakan dengan usaha UMKM,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berbicara dalam World Islamic Economic Forum (WIEF) pada 1-5 Agustus 2016 di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Dikatakan Sri Mulyani, sektor UKM bisa menciptakan lapangan kerja dengan cepat dan juga tahan terhadap guncangan ekonomi yang terjadi. Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mendorong perkembangan UKM.

Pertama, pemerintah perlu mendukung inovasi, khususnya yang berbasis teknologi seperti yang berkembang saat ini. Kedua, menjembatani antara pemilik modal dengan pemilik usaha. Di mana startup dapat bertemu dengan investor dan ketiga, adalah pengembangan jaringan bisnis di antara para UKM dan juga berbagi pengalaman sesama UKM.

Diakui Sri Mulyani, Indonesia merupakan pasar besar untuk menjalankan ekonomi dan bisnis berdasarkan prinsip Islam. “WIEF ini dilaksanakan tepat dengan memasukkan Indonesia. Indonesia adalah pasar yang besar dalam menjalankan ekonomi Islam,” jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tak hanya itu, kata Sri Mulyani, sebanyak 50% populasi muslim di Indonesia adalah masyarakat produktif dengan umur di bawah 30 tahun. “Bank Dunia bilang kondisi ini dapat mendorong pertumbuhan berkelanjutan, kelas menengah yang besar menjadi penggerak utama roda perekonomian,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top