Nasional

SMK Bukan Golongan Tersisih

SURABAYA-Sekolah kejuruan (vocasional) sangat dibutuhkan. Bahkan SMK justru dinilai memiliki keunggulan ketimbang SMA. “Lulusan SMK punya pilihan melanjutkan kuliah, tapi juga sudah siap bila langsung kerja. Jadi, SMK itu bukan golongan yang tersisih,” kata Wali Kota Tri Rismaharini dalam siaran pers di Surabaya, Sabtu (9/7/2016).

Oleh karena itu, Risma meminta agar para orangtua tidak memaksakan anak-anaknya mendaftar melalui program mitra warga di SMAN yang berada di pusat Kota Surabaya.

Saat ini, Risma mencatat ada sekitar 2.000 permohonan mitra warga yang masuk ke meja kerjanya. Mitra warga adalah program Pemkot Surabaya untuk menjaring calon siswa dari masyarakat yang tidak mampu.

Risma menyayangkannya, apalagi nilai calon siswa yang didaftarkan sangat rendah. “Di luar negeri, kalau nilai akademiknya dirasa kurang, mereka akan beralih ke sekolah vokasional (kejuruan),” tuturnya.

Fenomena maraknya warga yang memaksakan diri memasukkan anaknya ke SMA, lanjut Risma, dikarenakan masih minimnya kesadaran akan potensi SMK.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top