Headline

Satgas OJK Kota Malang Kejar Investasi Ilegal

news_17_1440128428

MALANG-Pendirian Satgas Waspada Investasi yang dilakukan Pemkot Malang bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertujuan memberantas praktek investasi ilegal (bodong). Apalagi investasi bodong ini sudah meresahkan masyarakat.”Keberadaan Satgas Waspada Investasi di Kota Malang harus dapat memberikan manfaat,” kata anggota Dewan Kosimioner OJK Kusumaningtuti S Soetiono dalam siaran persnya, Selasa (9/8/2016)

Namun diakui Kusumaningtuti, investasi ilegal ini sudah meresahkan masyarakat Kota Malang. Sehingga wajar memicu pemerintah untuk membuat tindakan preventif. “Padahal Kota Malang memiliki banyak lahan investasi yang berizin dan juga menarik,” tambahnya.

Kusumaningtuti juga tak membantah masyarakat Kota Malang sampai saat ini masih sering menerima penawaran investasi dari pihak-pihak yang tidak memiliki perizinan dalam pengelolaan investasi dan penghimpunan dana masyarakat. “Masyarakat mudah tergiur lantaran ditawarkan investasi dengan janji keuntungan yang sangat tinggi di luar batas kewajaran,” terangnya.

Disiai lain, katanya, biasanya tawaran investasi tersebut melibatkan tokoh agama dan masyarakat untuk mempermudah mendapatkan konsumen.
“Tawaran investasi juga memberi contoh konsumen awal yang dianggap telah sukses berinvestasi,” paparnya.

Akibatnya, banyak masyarakat yang tergiur dan ikut dalam investasi tanpa izin. Meski sehingga pada akhirnya mereka menderita kerugian karena dananya disalahgunakan untuk membayar imbalan nasabah lama ataupun dilarikan oleh pemilik perusahaan yang menawarkan investasi tersebut. “Karena itu Satgas harusmembuat masyarakat Kota Malang terhindar dari praktik investasi keuangan yang ilegal dan bisa merugikan,” ungkapnya lagi.

Walikota Malang Mochamad Anton juga ingin permasalahan investasi ilegal yang selama ini meresahkan masyarakat dan menimbulkan kerugian bisa diatasi oleh tim Satgas Waspada Investasi yang terbentuk.

Satgas Waspada Investasi ini melibatkan Kantor OJK Malang, Kepolisian Resort Kota Malang, Kejaksaan Negeri Kota Malang, Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang.
***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top