Nasional

Sambut Raja Salman, Ketua DPR RI Siapkan yang Terbaik

JAKARTA, Ketua DPR RI Setya Novanto meninjau persiapan penerimaan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz di Gedung DPR RI. Ketua Umum Golkar itu meninjau langsung kondisi Gedung Paripurna DPR RI yang selama digunakan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, guna memberikan pelayanan terbaik untuk delegasi Kerajaan Arab Saudi tersebut.

“Kita harus memberikan yang terbaik dalam kunjungan Raja Salman itu, karena sejarah ini baru terulang setelah 47 tahun yang lalu. Karena itu, sebagai pimpinan DPR RI pihaknya mempertimbangkan semua sisi terkait kenyamanan para tamu kehormatan tersebut,” tegas Setya Novanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (27/2/2017).

Untuk itu Novanto meminta semua anggota DPR RI untuk hadir dalam acara yang akan dihadiri oleh para ulama yang ada di Indonesia seperti dari PBNU, MUI, dan Muhammadiyah itu pada Kamis (2/3/2017). Imbauan itu penting karena anggota DPR mulai memasuki masa reses pada Jumat (24/2/2017) lalu. “Jadi, meski acara tersebut diselenggarakan dalam masa reses, kami mengharapkan kehadiran semua anggota DPR RI,” kata Novanto.

Geo Politik

Sementara itu pengamat masalah Timur Tengah, Zuhairi Misrawi mengatakan, kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz menjadi bukti pentingnya peran Indonesia dalam percaturan politik dunia, terutama di Timur Tengah.

Karena itu, Zuhairi mengapresiasi sikap Ketua DPR Setya Novanto yang mengimbau semua anggota Dewan untuk ikut menyambut kedatangan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz ke Gedung DPR RI Jakarta, pada Kamis (2/3/2016) mendatang itu.

Menurut Zuhairi Misrawi, secara geo-politik, kunjungan Raja Arab Saudi ini menjadi bukti suksesnya diplomasi luar negeri Presiden Joko Widodo dan juga Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Beberapa waktu lalu, kata dia, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Iran. Di sana Presiden membahas berbagai isu, termasuk masalah ekonomi. Kedatangan Jokowi ke Iran menjadi sebuah isu besar di Timur Tengah, terutama di Arab Saudi, mengingat sejak Revolusi Iran tahun 1979, hubungan Arab Saudi dengan Iran masih memburuk.

“Ini isu geo politik yang diharapkan dari dunia Arab agar Indonesia berperan menjembatani kedua negara. Iran sudah menyepakati berbagai kerja sama dengan Indonesia, maka kini Arab Saudi memastikan bahwa Indonesia juga tetap berada di sampingnya,” ujarnya.

Selain itu dia melihat dampak pariwisata akan terdongkrak dengan kedatangan Raja Salman ini. “Dia datang dengan 1.500 rombongan ke Bali. Ini menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan Arab yang selama ini hanya bisa sampai Malaysia. Satu setengah juta pertahun wisatawan Arab berkunjung ke Malaysia. Kini Raja Salman membuka jalan agar wisatawan Arab ke Indonesia,” katanya.

Karena itu, sebagai penghormatan kepada tamu negara yang membawa dampak besar untuk ekonomi dan pariwisata di Indonesia, Misrawi mendukung imbauan Ketua DPR RI, Setya Movanto agar bersama-sama menyambut kedatangan Raja Salman di Gedung DPR RI.

Beberapa waktu lalu, DPR juga telah menerima Ketua Majelis Syuro Arab Saudi, Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh, untuk membahas sejumlah isu, seperti kuota haji, tenaga kerja, perdagangan, dan investasi. “Juga dalam rangka persiapan kedatangan Raja Arab Saudi ke Indonesia,” pungkas Novanto.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top