Nasional

Rusuh Papua, Perlu Sosok Seperti Gus Dur

john w wona

Surat dari Putra Pejuang Papua untuk Presiden Jokowi

Kepada Yang Saya Hormati.
Bapak Presiden Republik indonesia.
Bapak Ir. H. Joko Widodo

Assalamaulaikum Wr. Wb
Salam Bhineka Tunggal Ika, Saya sebagai Anak Papua aseli yang merupakan ‘Putra Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia,’ sangat menyayangkan dan prihatin atas peristiwa, Surabaya, dan Malang yang bermuara kepada Rasisme dan berdampak keras kepada masyarakat Papua di mana saja berada. Seperti demo pada Senin (19/8/2019) ini.

Untuk itu sebagai Ketua DPW Barikade Gusdur (BGD) Papua, saya John W.Wona  memohon kepada Bapak Presiden RI agar :
1.    Perlu dilakukan Pemufakatan bersama antara tiga Gubernur (Papua, Jatim, dan Jateng) serta tokoh lintas agama bersama tokoh toleransi (keluarga Gus Dur) untuk duduk bersama untuk mencari solusi dan mencegah  rasisme ini terjadi  lagi di Republik ini, sebagaimana pernah dilakukan oleh alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) kepada masyarakat Papua, secara humanis dan berkeadilan hingga lahirlah nama Papua.
2.    Meminta Kepada  Bapak Presiden RI agar Kapolri dapat menindak tegas oknum-oknum dan dalang terjadinya peristiwa kerusuhan, itu secara berkeadilan dan tanpa pandang bulu.
3.    Perlu dilakukan pemahaman dan kejelasan pentingnya Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dan rasa kepercayaan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dan,
4.    Memohon adik-adik mahasiswa-mahasiswi dan masyarakat Papua dimana pun berada, agar tidak terprovokasi dan terpancing  dengan kerusuhan hari ini.

Demikian saya sampaikan kepada Bapak Presiden RI
Terimakasih

Wassalam
Jayapura, 19 Agustus 2019.
John. W. Wona.
(Ketua DPW BGD/Barikade Gus Dur Provinsi Papua

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top