Infrastruktur

Ruas Tol Banyuwangi-Probolinggo Masuk Prakualifikasi

images (19)

JAKARTA—Proyek ruas jalan tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur rencananya akan masuk prakualifikasi pada 2016. Bahkan setelah prakualifikasi kemudian masuk tender. “Prakualifikasi bisa bulan ini,” kata Kepala Panitia Lelang Badan Pengatur Jalan Tol Eka Pria Anas di Jakarta kemarin.

Ruas tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur sepanjang kurang lebih 170 km diperkirakan menelan dana investasi Rp20 triliun. Prakualifikasi kan bisa 4 sampai dengan 6 minggu, jadi bisa prakualifikasi ini kita selesaikan feseability study,” tambahnya.

Dia menegaskan pemerintah akan memberikan dukungan pendanaan, dan tak akan melepasnya penuh ke swasta.

Ditempat terpisaha, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan percepatan dan penambahan ruas ini merupakan komitmen yang telah disepakati oleh Presiden dan pihaknya. “Ini dulu yang pasti dilelang, yang ruas lain bisa menyusul,” tegasnya

Lewat penambahan ruas ini maka tol trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi akan memiliki panjang total sekitar 1.351 km. Selain itu dia menargetkan dengan lelang yang dipercepat, maka konstruksi dapat dilakukan akhir tahun ini.

Herry memperkirakan nilai investasi untuk ruas ini akan mencapai sekitar Rp20 triliun. Kalau nantinya memang butuh dukungan akan seperti Serang-Panimbang dalam bentuk service payment,” lanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top