Market

Ribuan Wisatawan Serbu Gunung Kidul

images

YOGYAKARTA-Puluhan ribu wisatawan memadati sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2018, dari Sabtu (16/6/2018) hingga saat ini.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Mingggu, mengatakah pada Sabtu (16/6) jumlahnya mencapai 39.011 wisatawan yang tersebar di objek wisata beretribusi, khususnya wisata pantai.

“Har ini, sampai 12.30 WIB, jumlah pengunjung terpantau sekitar 20.000 pengunjung,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya memprediksi akan terus bertambah seiring dengan masih banyaknya para pemudik yang berada di kampung halaman.

“H+2 atau hari ini, kami prediksi terus naik dibanding dengan kemarin,” tuturnya.

Disinggung mengenai target kunjungan wisata, Harry enggan berkomentar lebih banyak. Namun pihaknya yakin memontum libur panjang lebaran akan mendongkrak pendapatan asli daerah pada 2018 ini.

Untuk kunjungan pariwisata selama libur lebaran ditargetkan 300.000 wisatawan dengan jumlah Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp2,6 miliar. Diperkirakan wisata pantai masih mendominasi kunjungan.

“Kami yakin liburan ini akan mendapatkan banyak pendapatan. Target pendapatan selama libur labaran nanti saja liat perkembangan selanjutnya,? paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gunung Kidul, Drajad Ruswandono, mengatakan, kawasan pantai selatan masih menjadi tujuan utama berwisata bagi para wisatawan. Hal itu banyaknya jumlah wisatawan yang membanjiri kawasan pantai dibanding destinasi wisata lainnya.

“Pantai masih menjadi pilihan favorit wisatawan, terbukti jumlah kunjungan lebih besar dibanding dengan kawasan wisata lainnya,” kata Drajad.

Tol fungsional digunakan untuk arus balik Senin

SEMARANG-Ruas tol fungsional mulai Solo hingga Brebes, Jawa Tengah, akan dibuka untuk arus balik satu arah dari timur ke barat mulai pukul 06.00 WIB Senin (18/6/2018).

Ketua Satuan Tugas Jalan Tol Operasi Ketupat Candi 2018, Komisaris Besar Polisi Agus Triatmaja, di Semarang, Minggu, mengatakan, rencananya kepala Polda Jawa Tengah dan panglima Kodam IV/ Diponegoro akan membuka jalur tol fungsional sebagai titik awal pelaksanaan arus balik.

“Mereka akan melepas pemudik, lokasinya sekitar satu km di sebelah Timanbangan Kenteng di ruas Salatiga-Solo,” kata kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah ini.

Hingga H+1 Lebaran, jalur tol fungsional masih bisa digunakan untuk kendaraan dari arah barat ke timur untuk selanjutnya ditutup guna penyiapan arus balik.

Sebelumnya, Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono, mengatakan, para pemudik diperkirakan kembali usai berlebaran di kampung halamannya mulai Senin (18/6).

“Ada waktu tiga hari, Senin sampai Rabu (20/6) masih libur cuti bersama,” katanya. Ia menilai waktu tiga hari tersebut cukup panjang bagi pemudik yang akan balik ke tempatnya bekerja.

Untuk sementara, lanjut dia, tol fungsional akan dibuka mulai 18 hingga 20 Juni. “Kami lihat Senin sampai Rabu dulu, kalau memang masih tinggi akan dibuka,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top