Investasi

Resiko Mengecil, Iklim Investasi Di Indonesia Makin Membaik

Stacks of 100 Argentine peso notes and $100 U.S. dollar bills are displayed for a photograph in Buenos Aires, Argentina, on Monday, Dec. 13, 2010. Argentina is printing pesos at the fastest pace in at least four months, fueling inflation that economists estimate is climbing to about 30 percent. Photographer: Diego Giudice/Bloomberg

JAKARTA-Laporan credit default swap (CDS) yang menunjukan Indonesia bertenor 5 tahun dan 10 tahun berada di level terendah tahun ini membuat kalangan investor asing makin percaya. Dengan kata lain, risiko berinvestasi di Indonesia kecil. “Diprediksi hingga pengujung 2016, angka CDS Indonesia bertenor lima tahun akan berkisar di level 150-170,” kata Analis Fixed Income BNI Securities, Ariawan di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Berdasarkan kajian,
resiko berinvestasi pada suatu negara bisa dibaca dari CDS. Bloomberg menyebut CDS Indonesia bertenor lima tahun di angka 170,47 yang merupakan level terendah di sepanjang tahun ini. “Angka itu membaik 25,85% dari posisi akhir tahun lalu 229,92,” tambahnya.

Adapun CDS Indonesia bertenor 10 tahun mencapai 237,37, juga posisi terendah sepanjang tahun ini. Angka tersebut sudah pulih 24,48% ketimbang pencapaian tahun lalu di posisi 314,34.

Semakin rendah angka CDS, risiko berinvestasi di kawasan itu semakin minim. Sebaliknya, jika angka CDS tinggi, risiko investasi juga meningkat.

Lebih jauh kata Ariawan, penurunan angka CDS yang signifikan dimulai sejak DPR mengesahkan UU Tax Amnesty yang berlaku sejak 1 Juli 2016.

Apalagi sejak awal 2016, Bank Indonesia sudah memangkas bunga acuan (BI rate) sebanyak empat kali menjadi 6,5%.

Disisi lain Ariawan juga memprediksi hingga akhir 2016, ada ruang yang membaik terutama bagi investasi dalam negeri. Dengan catatan, realisasi kebijakan¬†tax amnesty berjalan lancar. Dari luar, efek Brexit niscaya berangsur menguap. “Kalau The Fed tidak buru-buru menaikkan suku bunga atau tidak agresif, bisa menekan CDS lagi,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top