Nasional

Rakernas Hanura Geber Mesin Partai Hadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

foto : Anjasmara

JAKARTA-Makin panasnya suasana menjelang Pilkada serentak dan Pemilu 2019, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) segera “menggeber” mesin partai melalui Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS). Gelaran tersebut sengaja mengambil lokasi di daerah, karena rakyat sudah semakin cerdas dalam menilai sebuah partai, mana partai yang benar-benar bekerja untuk daerah dan mana yang hanya sekedar berwacana.

Adapun kegiatan Rakernas Hanura berlangsung 8-9 Mei 2018 di Riau, Pekanbaru. “Insya Allah Rakernas akan dibuka 8 Mei 2018 besok pukul 17.00 sore,” kata Ketua umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di gedung parlemen, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Rakernas rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain Jokowi, hadir pula Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan tokoh-tokoh partai politik lainnya.

OSO menjelaskan rakernas ini untuk membangun satu komunikasi, baik itu dengan konstituen, para ketua-ketua DPD dan DPC, maupun tokoh masyarakat. “Karena Hanura baru mulai sekarang,” tegasnya.

OSO pun mengaku kaget dengan survei-survei yang memojokkan Partai Hanura. Namun begitu hal tersebut sebagai cambuk untuk membesarkan dan sekaligus mengembangkan partai ke depan. “Kalau seperti tadi anda cerita bahwa kalau ada lawan bilang ‘oh itu (Hanura) kecil, yang besar saya’ tidak apa-apa. Nanti tunggu tanggal mainnya,” ungkapnya optimistis.

OSO memastikan partainya tetap terus bekerja di semua daerah di Indonesia. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu menegaskan pada dasarnya Partai Hanura fokus pada pembangunan infrastruktur, membangkitkan sosial budaya, serta memberikan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah.

OSO memastikan daerah harus lebih dulu dimakmurkan. Sebab, jika daerah tidak makmur maka nasional juga akan jauh dari kemakmuran. Karena itu pembangunan infrastruktur di daerah yang dilakukan Pemerintahan Jokowi sudah tepat dan harus didukung. “Itu sebabnya infrastruktur sangat penting,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura Herry Lontung Siregar mengatakan dalam rakernas nanti akan pihaknya akan membuat dan membahas program kerja selama 2018. “Nantinya akan ada putusan pilkada dan pilpres dan persiapan tahun-tahun pilkada,” kata Herry, Sabtu (5/5).

Menurut Herry, berbagai isu politik akan di bahas dalam rakernas Partai Hanura. Antara lain target Partai Hanura dalam perolehan suara pemilu untuk mencapai parliamentary threshold, hingga peta dukungan di pilpres 2019. “Kami harus mempersiapkan putusan sekarang dalam pemenangan pemilu agar lebih mudah nantinya jalan ke depan,” terangnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top