Infrastruktur

Proyek Pipanisasi PDAM TB “Hancurkan” Infrastruktur Jalan Royal

20171217_154835

JAKARTA-Proyek pipanisasi PDAM Tirta Benteng telah menyebabkan rusaknya sejumlah infrastruktur masyarakat, khususnya ruas jalan di Kecamatan Cipondoh.

Sebut saja Jalan Irigasi Sipon samping Cluster Pinus Taman Royal 1 dan Jalan Royal yang menghungkan Jalan Hasyim Asyari. “Pengerjaan proyek pipa jni menggangu aktifitas ekonomi warga, jalan Irigasi Sipon beberapa kali tutup, saya tidak berdagang,” kata Rosi, salah seorang tukang nasi goreng yang ditemui, Minggu (24/12/2017).

Kondisi infrastruktur jalan menjadi becek dan berlubang karena pelaksaan pengerjaannya tidak sempurna, alias sembarangan. Informasi yang diperoleh warga, PT Gapura yang mengerjakan retukulasi pipa kurang memperhatikan lingkungan, sehingga berantakan dan becek.
Malah lubang depan Gang Mukhtar, Jalan Royal sudah dua kali digali oleh kontraktor. Meski sudah ditutup namun kondisi jalan masih berantakan. “Jelas mengganggu kegiatan ekonomi warga yang memiliki usaha UKM, sehingga menurunkan pendapatan. Harusnya pengerjaan penutupan lubang dipercepat,” tambahnya.

Dari pantauan lapangan,
Jalan Irigasi Sipon samping Cluster Pinus Taman Royal 1 pengerjaan instalasi pipa PDAM TB tipe jaringan dasar utama dengan diameter pipa sekitar 80 Cm masih berlangsung. Lubang besar terlibat menembus beton jalan.

Sementara lubang jaringan pipa yang lebih kecil berada depan Gg H Mukhtar Rt02 RW/05 sudah ditutup, namun pengerjaannya asal-asalan saja. Terlihat ada gundukan tanah yang belum dipadatkan.

Selain mengganggu ekonomi warga sekitar, pengerjaan instalasi pipa PDAM mengggu lalu lintas kendaraan bermotor, beberapa kali Jalan Royal harus ditutup demi proyek tersebut.

Sejumlah mesin bor pipa dan tanki air stand by di depan Toko Retail Alfamidi, sehingga agak mempesempit jalan. Informasi yang diperoleh pemasangan instalasi pipa PDAM ini akan menembus ke Perumahaan Banjar Wijaya untuk melayani dan menyediakan layanan air bersih warga. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top