Infrastruktur

Proyek Pelabuhan, INSA: Sejajarkan Swasta Dengan BUMN

images

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Peran dan keterlibatan swasta belum terlihat signifikan dalam berbagai proyek nasional dalam Pemerintahan Jokowi-JK, terutama infrastruktur. Padahal proyek infrastruktur ini sedang getol-getolnya digenjot.

Namun begitu kenyataannya pelaku usaha menilai porsi swasta dalam proyek yang berkaitan dengan sektor kepelabuhan juga belum begitu signifikan.

“Selama ini memang dimaklumi bahwa pemerintah menugaskan BUMN dalam pengembangan pelabuhan, karena percepatan pembangunan nasional,” kata Ketua Indonesia Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (13/08/2019).

Namun demikian, lanjut Carmelita, ke depannya diharapkan pemerintah juga memberikan peluang yang sama pada swasta nasional untuk mengembangkan dan memanage pelabuhan.

“Tapi tentunya diharapkan, yang dikembangkan adalah project yang mempunyai nilai komersial, yang mempunyai return of investment yang cukup,” harapnya.

Dikatakannya, BUMN mendapat penugasan karena pemerintah menghendaki percepatan pembangunan. Sehingga, lanjut dia, keterlibatan swasta saat itu hanya sebagai subkontraktornya.

“Kalau BUMNnya bermasalah tentunya berimbas pada subkontaktor dan para pekerjanya,” ujarnya.

Akan tetapi, menurutnya, kalau BUMN dikembalikan fungsinya sebagai agent of development, dimana bila sebuah project sudah berkembang secara komersial,

“Hendaknya diberikan pada swasta untuk dikelola, sehingga lebih efficient dan berdaya saing,” tutup Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Perhubungan sekaligus bendahara itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top