Headline

PM Turnbull Pastikan Australia Buka Konjen Baru di Surabaya

SYDNEY – Pemerintah Australia akan membuka kantor konsulat jenderal (konjen) baru di Surabaya, Jawa Timur. Dengan membuka Konjen Australia di Surabaya setelah di Jakarta, Australia berharap kantor kedutaan mereka di Surabaya dapat memperkuat hubungan kerjasama lebih baik lagi dengan Indonesia terutama di bidang perdagangan.

“Seperti kita mendorong keterlibatan ekonomi yang lebih dalam, saya mengumumkan hari ini bahwa tahun ini kami akan membuka Konsulat Jenderal baru di kota terbesar kedua di Indonesia dan pusat komersial, Surabaya,” kata Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dalam konferensi pers bersama dengan Presiden RI Joko Widodo di Kirribilli House, kediaman resmi PM Australia di Sidney, usai pertemuan bilateral kedua negara, Minggu (26/2) kemarin.

PM Turnbull menjelaskan dipilihnya Surabaya sebagai konsulat jenderal kedua setelah Kedutaan Besar Australia di Jakarta karena surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

PM Turnbull mengatakan Australia dan Indonesia memiliki hubungan yang erat terutama dalam beberapa tahun belakangan ini.

“Kita bisa melihat banyak kemajuan, seperti IACEPA. Hal itu dapat meningkatkan investasi. Saya juga melihat banyak kemajuan hubungan dalam beberapa tahun terakhir. Kita juga tentu menghargai solidaritas dan kedaulatan NKRI,” ungkapnya.

Menurut PM Turnbull, Australia menyadari potensi ekonomi yang besar dari hubungan kerjasama kedua negara. Selain melakukan pertemuan bilateral, kedua pemimoin negara juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di bidang maritim dan ekonomi kreatif.

Industri pertahanan, disadari PM Turnbull memiliki potensi kerjasama yang bernilai tinggi namun belum dikembangkan. “Di luar dari pemerintah, industri di Australia dan Indonesia mulai sadar adanya potensi ekonomi yang sangat besar dalam hubungan ini. Jadi industri pertahanan sedang memproduksi bersama satu jenis kendaraan lapis baja Australia yaitu dari Kushmaster di Indonesia,” kata Turnbull.

Ia juga menyebutkan Australia berkomitmen untuk menyelesaikan perundingan perjanjian kerja sama ekonomi menyeluruh Indonesia -Australia (IA-CEPA) yang memiliki kualitas yang sangat tinggi yang akan diselesaikan akhir tahun 2017.

“Ini memberi peluang lebih banyak untuk pengusaha Indonesia dan Australia dan menciptakan peluang pekerjaan lebih banyak di Indonesia dan Australia,” katanya.

Ia menyebutkan pihaknya juga senang karena telah mencapai kesepakatan dengan Indonesia untuk mengurangi tarif bea masuk gula hingga hanya lima persen atau sama dengan ASEAN. Serta penjajakan kembali import kuota sapi Australia.

“Kami juga setuju menghapuskan tarif BM pestisida dan herbisida supaya pengusaha Indonesia dapat bersaing dengan mitra dagang dari Australia,” kata Turnbull.

PM Turnbull juga menyebut pertemuan telah membuat pencairan hubungan pertahanan yang sebelumnya sempat memanas akibat insiden penghinaan Pancasila oleh tentara Australia di kamp pelatihan militer Australia. Akibat insiden itu, Indonesia menangguhkan sementara kerjasama latihan militer dengan Australia.

“Presiden Widodo dan saya telah sepakat untuk pemulihan penuh operasi pertahanan , pelatihan pertukaran dan kegiatan,” kata PM Turnbull.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada PM Turnbull atas penyambutannya. Menurutnya, makan malam bersama semalam kurang lebih sudah mencakup hampir semua isu yang akan dibicarakan hari ini.

Terima kasih atas sambutan kepada saya dan istri dan juga delegasi Indonesia, dan makan malam semalam saya kira sudah menyelesaikan hampir semua masalah,” kata Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema.(har/TKP)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top