Nasional

PKB Berharap Dapat Kursi Wakil Ketua DPR RI

jazilul fawaid-4

JAKARTA, Menyusul revisi UU MD3 untuk penggantian Ketua DPR RI, Fraksi PKB DPR ternyata meminta jatah Wakil Ketua DPR RI. Hal itu, karena PKB merupakan partai kelima terbesar dalam perolehan suara pemilu 2014 silam.

“Selama ini, terdapat beberapa kader PKB yang dianggap tepat untuk menempati kursi pimpinan. Mereka mampu untuk memperbaiki kinerja DPR yang kini masih mendapatkan sorotan negatif masyarakat,” demikian Wasekjen PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Karena itu, kata Jazilul Fawaid, dengan penambahan kursi Wakil Ketua DPR tersebut agar kinerja DPR semakin baik. “Kita berharap dengan penambahan pimpinan ini kinerja akan lebih baik karena kita tahu kinerja DPR selama ini banyak disorot masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian FPKB menurut Jazilul, tidak memaksa untuk mewujudkan keinginan itu. “Ya, tidak memaksalah, PKB tidak ngotot. Sebab, gotot kita bukan pada soal posisi Wakil Ketua DPR, tapi bagaimana meningkatkan kinerja DPR,” jelas anggota Komisi III DPR itu.

Menurut dia, dengan masuknya kader PKB dalam jajaran pimpinan, dapat menghapuskan faksi-faksi sejak awal mula masa periode DPR dimulai.

“FPKB tidak ingin DPR terpecah belah dengan faksi-faksi seperti sebelumnya. Misalnya ada KIH (Koalisi Indonesia Hebat), dan KMP (Koalisi Merah Putih), karena yang penting DPR berkinerja yang baik dan dipercaya rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu dalam masa sidang kali ini, DPR akan melakukan fiinalisasi revisi UU MD3 tentang penambahan kursi wakil ketua DPR. Sedangkan yang sudah disepakati adalah penambahan kursi wakil ketua bagi PDIP sebagai pemenang pemilu di 2014.

Namun, PKB memang sempat meminta perlakuan yang sama dengan PDIP, yaitu penambahan satu kursi wakil ketua DPR. Tak seperti penambahan kursi pimpinan PDIP yang sudah disepakati oleh seluruh fraksi, penambahan kursi pimpinan untuk PKB masih menjadi perdebatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top