Headline

Pestisida Berlebihan, Kualitas Tembakau Jember Menurun

images (35)

JEMBER- Kualitas tembakau Jember mengalami penurunan. Alasannya petani tembakau terlalu banyak menggunakan pestisida. Sehingga, mempengaruhi kualitas dari tembakau tersebut. “Kalau pestisidanya terlalu banyak tembakau itu tidak baik untuk dikonsumsi,” Head of Regulatory Affairs, International Trade and Communications Sampoerna (HM Sampoerna) Elvira Liani di Jember, Sabtu (30/7/2016).

Oleh karena itu, kata Elvira, PT Handaya Mandala Sampoerna Tbk (HM Sampoerna) memberikan bimbingan mengenai tata cara praktek pertanian tembakau yang baik kepada petani. 

Dalam bimbingan tersebut Sampoerna juga mengimbau petani tembakau agar menggunakan pestisida sesuai kadar yang telah dianjurkan.

Elvira menuturkan Sampoerna juga memberikan benih kepada petani tembakau. Itu dilakukan agar petani bisa menghasilkan tembakau dengan mutu berkualitas.

Dia juga berharap Kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Pertanian bisa memberikan solusi kepada petani agar bisa tingkatkan kualitas tembakau yang berkualitas. “Harusnya Kementerian terkait yang banyak upaya juga” imbuhnya.

Tak hanya itu, sambung Elvira, petani tembakau masih kurang disiplin dalam bertani. Hal itu dilihat masih tumpah tindihnya pertanian tembakau dengan pertanian tanaman lainnya. “Kadang kita lihat pertanian tembakau, kiri-kanannya itu ada tanaman cabe, sawi, dan tanaman lain. Tentunya kan itu kurangi nutrisi pupuk ke tembakau, jadi kualitas yang didapat kurang optimal,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top