Pertanian

Perkenalkan Pupuk Cair, Korem 071/Wijayakusuma Semangati Para Petani

Beri Semangat Petani

BANYUMAS-Swasembada dan ketahanan pangan menjadi salah satu program Nawacita pemerintah. Karena itu masalah pangan tidak bisa diremehkan. Namun untuk mendukung swasemba dan ketahanan pangan dibutuhkan pula bibit dan pupuk yang berkualitas. Oleh karena itu, guna  mendukung program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan, Korem 071/ Wijayakusuma sangat gencar menyosialisasikan Pupuk Wiyakusuma Nutrition di wilayah-wilayah satuan korem 071/Wijayakusuma.

Penggunaan pupuk jenis ini guna menyelamatkan lahan pertanian yang sudah terlanjur banyak menggunakan pupuk dengan bahan pestisida. Apalagi pupuk “berbahan” pestisida  ini diindikasikan merusak komposisi tanah. Maka Korem 071/Wijayakusuma mempunyai pemikiran untuk kembali ke pemanfaatan alam, yaitu dengan memproduksi pupuk organik cair.

Pupuk cair “Wijayakusuma Nutrition”, diyakini mampu mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil panen, menambah kesuburan tanah serta organik.  Selain itu dengan menggunakan pupuk organik cair ini , maka hasil pertanian juga akan aman dan terbebas dari residu bahan kimia.

Menurut Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, penggunaan pupuk organik ini bertujuan agar petani menghasilkan produk pertanian organik. Dengan begitu dapat meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya.  “Tentu dalam pelaksanaannya memerlukan pola budidaya tanaman yang mengacu kepada konsep  pertanian organik atau non kimia,” katanya usai mensosialisasikan pupuk Wijayakusuma Nutrition, Sabtu (26/1/2019).

Disamping itu juga, kata Danrem 071/Wijayakusuma, Pihaknya selalu melakukan pendampingan terhadap para petani.  Pupuk organik Wijayakusuma Nutrition ini telah disosialisasikan dan dipergunakan oleh para petani saat awal proses tanam padi di sejumlah wilayah teritorial Korem 071/Wijayakusuma. Beberapa Desa yang menjadi sasaran sosialisasi puput tersebut antara lain, Ds Binorong – Bawang Kabupaten Banjarnegara pada Gapoktan Tiga Serangkai. Kemudiaan Desa Bajong – Bukateja Kabupaten Purbalingga pada Gapoktan Tegal Urung.

Sosialisasi itu berlanjut Senin 28 januari 2019  dilaksanakan peninjauan lokasi Demplot Kodim 0703/Cilacap, Desa Mulyasari Rt 03.Rw 03, Kec Majenang pada Poktan Manunggalkarsa, yang selanjutnya Sosialisasi & Pendampingan Akan terus Bergerak Ke seluruh Kodim – Kodim Jajaran Korem 071/Wijayakusuma. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top