Nasional

Pengamat: Rakyat Hanya Jadi Objek Eksploitasi Emosional

Azmi Syahputra

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pakar Hukum dari Universitas Bung Karno (UBK) Azmi Syahputra menilai, kegaduhan politik ditingkat akar rumput yang terjadi selama ini tak lebih sebagai imbas dari eksploitasi emosional yang terus dihembuskan elit-elit partai politik. “Melihat fenomena kegaduhan partai-partai pada kompetisi pemilu lalu dibandingkan dengan perkembangan kekinian dengan berbagai warna dan dinamika maka sangat tampak bahwa rakyat khususnya pemilih jadi objek eksploitasi dalam hal ini ekspolitasi emosi oleh politisi dan pemegang kekuasaan,” tandas Ketua Asosiasi Ilmuwan dan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) itu kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/07/2019).

Menurutnya, pemilih atau rakyat disibukan dengan narasi-narasi berbau simbolistik bukan lagi disuguhkan narasi-narasi berbau ideologis. “Kebanyakan politisi dan akhirnya diikuti pemilih hanya main pada persoalan tataran emosi bukan lagi tema dan solusi menuju keadilan rakyat kecil, kesejahteraan sosial dan keadilan sosial,” tegasnya.

Karenanya, kata dia, rakyat harus sadar, bahwa selama ini tidak ada wujud keberpihakan yang konkret diimplementasikan elit-elit politik.”Jaga persatuan, jangan mau dipermainkan apalagi dieksploitasi sisi emosional kita mulai saat ini dan kedepan pemilih atau sebagai rakyat harus lebih cerdas jangan terkontaminasi ikut dengan pola pengorganisasian perasaan dan jualan eksploitasi emosinal yang tidak terukur. Narasi kewarasan ini harus dijaga,” tandasnya.

“Sudah diketahui secara umum dalam politik tidak ada musuh yang abadi, yang ada adalah kepentingan, maka apapun akan dilakukan sepanjang frekwensi kepentingannya sama dan sepanjang bisa bertahan dan berkuasa lama,” sambungnya.

Maka dengan melihat kondisi arah dan gerakan partai-partai politik saat ini, kata dia, menunjukkan bahwa partailah yang jadi dominan pengendali di republik ini.”Bukan kedaulatan rakyat. Sekali lagi rakyat jangan terjebak dengan narasi-narasi yang dibangun elit-elit yang hanya mengeksploitasi sisi emosional,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top