Market

Pemuda Ditantang Bangun Kedaulatan Ekonomi

medium_45Nofi-Chandra-DPDRI

JAKARTA-Senator dari Sumatera Barat Nofi Candra meminta momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi dasar untuk perwujudan persatuan dan kesatuan di Indonesia. “Pemuda mempunyai peran yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Sejarah mencatat peran pemuda-pemudi Indonesia dalam kemerdekaan Indonesia, persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Nofi dalam keterangannya pada wartawan di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Tahun 1928 memberi pelajaran bahwa pemuda-pemusi yang tampil menjadi pelopor adalah mereka yang memiliki kesadaran besar dalam berbangsa dan bernegara. “Bukan hanya kesadaran tentang dirinya, etnisnya, suku, agama dan golongannya,” ujarnya.

Karena itu kata Nofi, tantangan pemuda saat ini adalah membangun Indonesia yang berdaulat. Baik pangan, energi, politik, budaya, ekonomi, kedaulatan dan kedaulatan ketahanan.

Selain itu pemuda saat ini tidak hanya menjadi pelopor di dalam negerinya sendiri tapi harus menjadi pelopor komunitas International.

Dengan demikian dia berharap agar pemuda Indonesia sadar akan sejarah perjuangan dulu. “Jangan mau dipolarisasikan oleh kepentingan jangka pendek apalagi sampai mempertaruhkan dasar bernegara, yaitu Pancasila,” ungkapnya.

Dengan kata lain dia meminta renungkan betul, makna dari Sumpah Pemuda untuk menjadikan pemuda kini yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi di tengah gelombang demokratisasi dan pragmatisme.

Mantan Ketua DPD KNPI Solok tahun 2011 ini menganggap pemuda-pemudi saat ini merupakan calon pemimpin masa depan Indonesia. Karena itu, melalui momentum Sumpah Pemuda ini, seluruh pemuda dan seluruh masyarakat untuk dapat berkomitmen dalam berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.
“Yang dimulai dari pembangunan di daerah. Dalam rangka melaksankan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2017 ini ayo semua bersumpah untuk melahirkan orang-orang muda yang hebat dan menjadi pelopor bangsa, keluarga, dan akan menjadi pelopor untuk NKRI,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top