Industri & Perdagangan

Pelabuhan Probolinggo Hanya Layani Bongkar Muat Gula Industri

images (2)

SURABAYA-Pelabuhan Probolinggo hanya mengelola bongkar muat raw sugar impor untuk kalangan industri. Komoditi gula ini untuk memenuhi kebutuhan perusahaan swasta, PT Cheil Jedang Indonesia. “Kita ingin luruskan bahwa yang kita bongkar adalah raw sugar untuk industri, untuk memasok kebutuhan PT Cheil Jedang Indonesia, bukan gula untuk konsumsi,” kata Kepala Cabang PT Deltha Artha Bahari Nusantara (DABN) Jumadi di sela jumpa wartawan bersama sejumlah pihak terkait di Probolinggo, Senin, (9/4/2-18).

Kegiatan bongkar muat itu dihadiri pula jajaran PT Cheil Jedang Indonesia, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, dan Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri RS,

Menurut Jumadi, pihaknya ingin luruskan bahwa yang dibongkar adalah raw sugar untuk industri, untuk memasok kebutuhan PT Cheil Jedang Indonesia, bukan gula untuk konsumsi. “Kita berharap dengan penjelasan bersama itu tidak terjadi lagi praduga yang salah di masyarakat,’ tambahnya.

Seperti diketahui, Kapal MV Izumo dengan bobot mati lebih dari 20 ribu ton pengangkut 20 ribu metric ton (MT) raw sugar dari Thailand sandar dan bongkar muatan untuk PT Cheil Jedang Indonesia di terminal baru Pelabuhan Probolinggo, beberapa waktu lalu.

Manager Porcesing PT Cheil Jedang Indonesia CJI Pasuruan, Khusnul Hamim mengakui dan menegaskan bahwa muatan kapal tersebut adalah raw sugar, bukan gula rafinasi atau gula konsumsi.

Untuk mendatangkan komoditas tersebut pihaknya juga telah mengikuti aturan yang berlaku, seperti mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Jatim Soekarwo.

Terkait dengan masalah tersebut, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal meminta masyarakat tidak mudah mempercayai isu masuknya gula konsumsi impor bongkar di Pelabuhan Probolinggo, tanpa mengecek kebenarannya.

Kapolresta berharap pula semua pihak bisa menjaga suasana kondusif masyarakat, serta tidak menyebarkan isu yang belum terkonfirmasi kebenarannya kepada pihak terkait. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top