Market

Pekan Konstitusi MPR, Maruf : Mahasiswa Harus Punya Daya Saing

IMG-20180825-WA0087

JAKARTA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) meminta agar generasi muda, terutama pelajar dan mahasiswa memiliki sikap optimis. Dengan begitu setiap peluang yang ada bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Tidak boleh menjadi generasi yang pesimis karena kita memiliki semua. Kita negara yang besar dan kaya. Generasi yang bersatu, generasi yang cerdas harus optimis menghadapi masa depan bangsa,” kata Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono dalam pembukaan Lomba Cerdas-Cermat 4 Pilar dan Pekan Konstitusi Sabtu (25/8/2018), di Gedung Nusantara IV, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Hadir dalam seremoni pembukaan yang diselingi dengan pagelaran budaya seni tari daerah dan modern antara lain Wasesjen MPR RI Selfie Zaini, para Kepala Biro Setjen MPR RI dan sekitar 500 lebih peserta ditambah pendamping.

Maruf menambahkan generasi yang cerdas adalah anak-anak muda yang mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang. Kecerdasan untuk mampu beradaptasi dengan tantangan yang dinamis. Cerdas menghadapi peluang agar mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. “Intinya kecerdasan ketahanan yang luar biasa menghadapi tantangan dan kemampuan daya saing untuk memanfaatkan peluang. Dua hal ini yang harus diingat. Daya tahan terhadap jati diri dan daya saing terhadap peluang-peluang yang ada,” paparnya.

Lebih jauh Maruf menceritakan bahwa 18 Agustus dan 29 Agustus adalah momen yang memiliki arti penting buat MPR RI dan juga buat bangsa. Karena 18 Agustus diperingati sebagai Hari Konstitusi sedangkan tanggal 29 Agustus diperingati sebagai Hari Lahir MPR RI.

Rentang waktu antara tanggal 18 Agustus sampai 29 Agustus menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang disebut sebagai ‘Pekan Konstitusi MPR’ berisi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tugas MPR RI sebagaimana diamanatkan dalam UU No.17 Tahun 2014 sebagaiman telah diubah dengan UU No.2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas UU No.17 Tahun 2014 tentang MPR,DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Beberapa kegiatan yang mendapat sambutan luar biasa masyarakat adalah terutama kalangan pelajar dan mahasiswa adalah lomba Debat Konstitusi dan Academic Constitutional Drafting untuk kalangan perguruan tinggi, juga tak kalah meriahnya adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR untuk kalangan Sekolah Menengah Atas yang pada saat momen Pekan Konstitusi MPR semuanya sudah memasuki tahap final.

Seremoni Pembukaan Pekan Konstitusi MPR 2018 dengan gelar kegiatan final dan grand final LCC Empat Pilar MPR 2018 yang diikuti 34 sekolah menengah atas perwakilan 34 Provinsi, final lomba Debat Konstitusi yang diikuti 34 perguruan tinggi dari 34 provinsi plus Juara I Debat Konstitusi tahun 2017 dan final lomba Academic Constitutional Drafting yang diikuti 6 tim perguruan tinggi.

Apresiasi luar biasa datang dari para peserta lomba, salah satunya peserta lomba Debat Konstitusi perwakilan Universitas Halu Oleo Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara Akhmad Kautsar.

Dia mengungkapkan apresiasi yang besar kepada MPR RI dengan kegiatan lomba Debat Konstitusinya.
“Kesan saya, saya sangat senang sekali dan tidak menyangka bisa masuk final dan berlaga untuk mendapatkan gelar juara di Jakarta. Saya juga bangga bisa mewakili daerah saya di tingkat nasional,” ujarnya.

Menurut Akhmad, Kejuaraan nasional ini juga sebagai wadah bagi para mahasiswa seperti saya untuk kembali memahami konstitusi negara kita, juga berpikir kritis yang membangun soal konstitusi kita, selamat untuk MPR,” tandasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top