Nasional

Parlemen Modern Membutuhkan Keterbukaan Informasi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Langkah untuk menjadi parlemen modern adalah tercapainya parlemen yang terbuka, akuntabel dan transparan dalam melaksanakan tugas dan fungsi parlemen. Karena parlemen yang terbuka sangat perlu didukung oleh keterbukaan informasi kepada masyarakat.

“Dalam mengimplementasikan komitmennya sebagai parlemen terbuka. DPR RI telah menyediakan berbagai platform yang mudah dan cepat dijangkau masyarakat,” kata Kabiro Pemberitaan DPR RI Y.O.I Tahapari dalam pressgathering wartawan tema : *Refleksi akhir Tahun, Sinergi DPR RI dengan wartawan parlemen dalam mensosialisasikan kinerja DPR RI” di Bogor Icon Hotel, Cimanggu, Sabtu (30/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua BURT Novita Wijayanti, Wakil Sekjen DPR Maya Damayanti dan diikuti oleh wartawan sebanyak 112 orang dan dari kesekjenan DPR sebanyak 76 orang.

Saat ini, kata Hani-sapaan akrabnya, parlemen sudah memiliki media sosial diantaranya, Facebook , Twitter, Instagram, YouTube serta website dpr-ri yang siap menerangkan seluruh kegiatan kedewanan.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat informasi juga bisa didapat secara langsung melalui majalah dan buletin parlementaria serta televisi radio dan televisi radio parlemen.

Menurut Hani, semangat parlemen terbuka yang sudah digaungkan sebelumnya. Tentu harus tetap dipertahankan guna mewujudkan parlemen modern. Namun dalam merealisasikannya peran media massa juga sangat diperlukan untuk menjembatani informasi dari lembaga legislatif pada masyarakat.

Oleh karena itu, sambungnya, diharapkan adanya forum komunikasi ini, rekan-rekan media dapat membantu mensosialisasi kan program-program DPR RI dan menyampaikan aspirasi masyarakat guna mensukseskan komitmen DPR sebagai parlemen terbuka dalam menyongsong parlemen modern.

Hani berharap semoga dalam kegiatan forum komunikasi dan sosialisasi program kerja dengan wartawan koordinatoriat bisa bermanfaat, tidak hanya bagi kita, namun juga untuk seluruh masyarakat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top