Uncategorized

Pariwisata harus Libatkan UMKM Lokal

minim-produk-umkm-lokal-110114-jos-6

Dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia, selain meningkatkan pembangunan infrastruktur. Pengembangan industri pariwisata haruslah melibatkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dikaitkan dengan potensi kearifan lokal setiap daerah yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Cara seperti banyak diterapkan di negara-negara Eropa dan beberapa negara Asia lainnya. Untuk meningkatkan kunjungan wisata – mereka melibatkan UMKM yang terkait dengan industri pariwisata.

“Cukup banyak UMKM yang terkait dengan industri pariwisata, di antaranya kerajinan lokal, hasil bumi dan kuliner lokal.  Potensi-potensi lokal tersebut cukup menarik.  Dan setiap daerah punya pontensi berbeda-beda,” Sandiaga Uno, pengusaha, Jakarta, bebera hari lalu.

Melibatkan UMKM dalam industri pariwisata akan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Apa lagi UMKM yang  bergerak di bidang kerajinan – mereka punya daya tarik, dan punya potensi bisnis. Setiap daerah punya kerajinan lokal yang berbeda-beda, sesuai dengan budaya masing-masing.

Begitu pula dengan pasar. Pasar tradisional yang ada di daerah harus diperbaik. Sebab, wistawan juga banyak yang berkunjung ke pasar-pasar tradisional,  contonya, Pasar Badung, Bali.

Menurut Sandiaga Uno, pemerintah harus memperhatikan pedagang pasar, berupa memberikan bantuan pinjaman dan palatihan. “Namun sayang, program reviltalisasi pasar tradisional selama ini sering menyentuh infrastruktur ketimbang pelatihan-pelatihan,” ujarnya kembali. (Ajo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top