Nasional

MPR Usul P4 Dikukuhkan Kembali

HNW JAMBI

JAKARTA-Untuk memberikan pemahaman nilai-nilai dan pengamalan Pancasila yang kuta seperti di era Orde Baru, MPR RI mengusulkan perluanya membangkitkan kembali sosialisasikan Pancasila semacam P4 (Penataran, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila), yang didukung oleh UU. “Sosialiasi P4 itu harus diback up dengan ketentuan perundang-undangan. Untuk itu MPR RI harus dibangkitkan kembali seperti di era Orde Baru,” tegas Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Karena itu kata Hidayat status Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang dipimpin Yudi Latief itu perlu diubah menjadi lembaga setingkat menteri yang akan berkoordinasi langsung dengan Presiden Jokowi.

“MPR yang memiliki tugas yang sama dengan UKP-IP berharap lembaga tersebut efektif dalam menjalankan tugasnya. Tapi, harus ada payung hukumnya, yaitu UU. UKP-PIP harus di bawah presiden,” ujarnya.

Dengan begitu menurut Hidayat, sesuatu yang akan dikerjakan UKP-IP itu khusus, yang kalau di MPR itu 4 pilar itu Pancasila, UUD, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. “Jadi saya setuju ditingkatkan derajat struktural UKP-PIP langsung di bawah presiden agar lebih efektif untuk mensosialisasikan Pancasila dan 4 pilar,” tambahnya.

Menurut Hidayat, UKP-PIP dalam menjalankan tugasnya sudah sangat mendesak, khusunya dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Tidak hanya sekedar melakukan seminar saja. “Jadi, karena semakin mendesak, kalau terjebak dengan hanya seminar-seminar, itu bukan jawaban,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top