Nasional

Mendagri Sambut Baik MK Tolak Gugatan PT 20 %

images

JAKARTA, Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak judicial review presidential threshold (PT) 20% dalam pencalonan presiden dan wakil presiden disambut baik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Karena PT 20% itu konstitusional.

“Soal persentase capres-cawapres 20 % itu sesuai konstitusional, dan tidak melanggar UUD 1945. Jadi, wajar, tiap orang mempunyai hak yang berbeda. Sehingga pemerintah, DPR, dan MK sejalan dengan konstitusi,” tegas politisi PDIP itu pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Menurut Tjahjo, hasil komunikasi dengan Bawaslu masih ada 7 tahapan dan putusan MK termasuk semua parpol harus diverfikasi faktual itu tak mengganggu proses pemilu. Sehingga setelah selesai pilkada, pada 1 Oktober 2018 bisa mengajukan capres sesuai keputusan MK.

“Jadi, tak ada masalah dan semua proses tahapan pilkada dan pemilu 2019 berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPU,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua MK Arief Hidayat menolak gugatan terkait angka presidential threshold (PT) 20%. Menurut MK, permohonan pemohon pasal 222 tidak beralasan menurut hukum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top