Nasional

Mahfud MD Ajak Warga Ngobrol Santai Di Warung Kopi

IMG-20180710-WA0010

PEMATANG SIANTAR-Sejak disebut-sebut namanya menjadi cawapres pendamping Jokowi, Mantan Ketua Mahmakah Konstitusi (MK) rajin melakukan road show ke daerah-daerah. Di sela-sela kunjungannya ke Simalungun, Sumatera Utara, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mohammad Mahfud MD mampir sejenak di warung Kopi Kok Tong, Pematang Siantar, Selasa (10/07/2018) pagi.

Tak dinyana-nyana, sejumlah orang yang tengah nongkrong di kedai-kedai komplek pertokoan bangunan jaman dulu khas akulturasi Tionghoa Eropa ini, langsung menyerbu Mahfud MD.

Mereka langsung mengajak mantan Menteri Pertahanan era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini untuk bersalaman dan berfoto bersama. Mahfud pun tak sungkan dan dengan ramah meladeni satu persatu permintaan mereka. “Wah Pak Mahfud ini. Pak Mahfud bintang ILC (Indonesian Lawyer Club),” ujar salah seroang pria yang mendekat dan bersalaman dengan Mahfud.

Jamin Halim, pemilik warung kopi Kok Tong ini sampai turun tangan mengatur pengunjung bergantian foto bersama. 

Setelah memesan secangkir kopi hitam, Mahfud pun tak sungkan mengobrol dengan warga di kedai kopi ini.

Obrolannya pun dari yang ringan-ringan sampai ke urusan yang lumauan berat seperti kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara yang akhir-akhir ini agak terganggu oleh isu toleransi dan SARA. 

Indonesia kekurangan tokoh yang bikin adem suasana. Salah satu pengunjung mengaku ingat Gus Dur jika melihat sosok Mahfud. 

“Pak Mahfud ini kan dulu dekat dengan Presiden Gus Dur, tokoh Nahdlatul Ulama yang sangat toleran. Semoga Pak Mahfud melanjutkan perjuangan Gus Dur. Akhir-akhir ini orang panas-panasan karena perbedaan pilihan politik. Suku dan agama dibawa-bawa. Ini kan barbahaya Pak,” kata pengunjung tersebut.

Untuk diketahui, kedai kopi Kok Tong dirintis oleh perantau asal negeri Tiongkok, Lim Tee Kee pada tanggal 29 Juni 1925 di Pematangsiantar, Sumatra Utara. Kedai kopi ini memang dikenal sebagai kedai demokrasi. Berbagai berbagai tokoh dan masyrakat kerap diskusi bebas di sini. *

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top