Nasional

Mahfud Di Konferensi Australia Sinngung Bahaya Transaksi Teroris

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Menko Polhukam Mahfud MD menghadiri konferensi internasional bertema “No Money For Terror” di Australia. Dalam konferensi itu, Mahfud menyoroti bahaya transaksi finansial melalui internet dan kaitannya dengan aksi terorisme.

“Dalam pidato sebagai Menko Polhukam, saya menekankan bahwa sekarang ini dunia teknologi informasi dan komunikasi memudahkan orang di seluruh dunia untuk melakukan transaksi keuangan melalui internet. Hal itu memang menolong manusia untuk lebih mudah menyelesaikan urusan-urusan keuangannya, termasuk cara berbisnis secara instan,” tegas Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/11/2019).

Menurut Mahfud, kemudahan transaksi melalui internet justru dapat dijadikan celah bagi sekelompok teroris untuk melancarkan aksi teror. Misalnya, kata dia, untuk jual beli senjata ilegal.

“Tapi, pada saat yang sama, kemajuan IT itu sering juga digunakan oleh kelompok teroris untuk kegiatan terorisme, seperti transfer uang untuk jual beli senjata secara illegal, pelatihan militer swasta untuk kelompok teroris dan lain-lain.
Itu semua dibungkus melalui transaksi bisnis atau pengiriman uang melalui kegiatan dagang secara terpecah-pecah,” kata Mahfud.

Menghadiri Konferensi di Australia, Mahfud Bicara Ancaman Transaksi Finansial TerorisFoto: Dok. Menko Polhukam

Mahfud mengatakan bahaya itu bukan hanya menjadi ancaman satu negara saja, melainkan ke seluruh dunia. Oleh karena itu, Mahfud meminta untuk mengawasi secara ketat transaksi keuangan internasional.

“Seluruh dunia menghadapi ancaman transaksi finansial kaum teroris yang seperti itu. Itulah sebabnya kita harus bertindak dengan fokus No Money For Terror,” tutur Mahfud

Konferensi itu dilaksanakan pada 7-8 November 2019 di Australia. Konferensi dihadiri oleh perwakilan menteri senior dari 77 negara di dunia. Hadir juga delegasi dari PBB dan berbagai organisasi internasional lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top