Nasional

Lippo Group Bantah Dukung Rumah DP 0 % Anies – Sandi

JAKARTA – Manajemen Lippo Group menyatakan sejauh ini tidak ada dukungan terhadap program uang muka rumah DP 0 % yang menjadi program pasangan Anies-Sandi. Sebab, dukungan Lippo Group terhadap program KPR DP 0 % itu adalah suatu hal yang tidak benar.

“Mengenai Lippo dukung program 0 persen dan rumah Rp 350 juta, itu hoax… Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu,” tegas Direktur Humas Lippo Group Danang Kemayan Jati dalam pernyataannya pada wartawan di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Pernyataan tersebut sekaligus membantah pernyataan Direktur Lippo Group John Riyadi pada hari sebelumnya yang mengungkapkan bahwa pihaknya selaku pengembang siap bekerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan program DP rumah nol persen dan rumah seharga Rp 350 juta.

Menurut Danang, kalaupun John berkomentar terkait DP nol persen dan rumah Rp 350 juta, hal itu tak lebih dari harapannya untuk turut memajukan ekonomi serta ingin berperan membantu kalangan yang tidak mampu.

Sebelumnya dalam janji kampanyenya Anies – Sandi untuk membangun rumah dengan DP 0 %, dan Kartu Jakarta Pintar Plus. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menggagas program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Down Payment (DP) 0 rupiah alias tanpa uang muka.

Skema program DP KPR 0 rupiah yang digagas Anies-Sandi adalah masyarakat yang ingin membeli rumah diminta menabung selama 6 bulan di bank milik Pemda Jakarta, Bank DKI. Uang hasil menabung selama 6 bulan ini sebagai pengganti DP yang nilainya mencapai 10 persen dari harga rumah.

“Jadi menabung dulu di bank selama 6 bulan yang tabungannya bisa nilainya sampai 10 persen, dari situ dihargai sebagai pengganti DP-nya,” kata Anies.

Cicilan jangka panjangnya bisa mencapai 30 sampai 35 tahun, dan program ini hanya diperuntukkan bagi warga ber-KTP DKI Jakarta.

Anies menerangkan bahwa program ini bukan berarti menyediakan rumah, tapi hanya sebatas kredit rumah tanpa DP. Anies mengatakan lokasi rumahnya terserah yang bersangkutan.

“Jadi KPR tapi dengan nol rupiah, rumahnya terserah anda di mana aja. Jadi bukan menyiapkan perumahan tapi menyiapkan kredit rumah dengan DP nol persen. Jadi bukan bikin rumah, bukan,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top