Market

Laba Astra Otoparts Capai Rp12,7 Triliun

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) menghasilkan beberapa keputusan. Tercatat, anak usaha PT Astra Internasional Tbk ini bakal membagikan dividen dan merombak jajaran direksi hingga komisaris

AUTO menyetujui nilai dividen yang akan ditebar sebesar Rp168 miliar atau Rp35 per saham. Dividen ini setara kurang lebih 40% dari laba bersih 2016 yang mencapai Rp418 miliar.

Lebih rinci, dividen tahun buku 2016 terdiri dari dividen interim sebesar Rp43 miliar atau Rp9 per saham yang telah dibayarkan pada 17 Oktober 2016.

Dalam RUPS tersebut ada empat agenda yang meliputi persetujuan laporan tahunan, penetapan penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2016, Perubahan direksi dan dewan komisaris perseroan, serta penunjukan kantor akuntan publik.

Tercatat selama 2017 perusahaan ini membukukan sebesar Rp 12,8 Triliun. Angka tersebut naik 9,2% dibandingkan dengan pendapatan bersih tahun 2015. Pada tahun 2015 silam PT Astra Otoparts berhasil membukukan keuntungan sebesar Rp 11,6 Triliun.

Peningkatan tersebut tak luput dari segmen pasar OEM yang dilayani oleh manufaktur sebesar 7,6 %. Selain itu peningkatan pada penjualan suku cadang pengganti (REM) oleh segmen usaha perdagangan sebesar 11,2 %. Selain itu, perdagangan international (Ekspor) juga mengalami pertumbuhan sebesar 5,4% pada tahun 2016.

Peningkatan laba bersih pada segmen usaha manufaktur banyak mendapatkan bantuan dari meningkatnya permintaan kendaraan bermotor roda empat dan suksesnya peluncuran beberapa model baru. Selain itu untuk peningkatan di segmen usaha REM didukung oleh menambahnya jangkauan distribusi nasional yang luas dan terus berkembang. Selain itu, gerai Shop & Drive yang semakin dikenal oleh masyarakat juga turut memberikan tambahan juga. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top