Headline

Kumpulkan Kiai Jatim, Gus Ipul Siap Menangkan Jokowi-Maruf

SURABAYA-Forum Kiai Bersatu (FKB) Jatim menambah semangat dan daya gempur memenang pasangan calon Joko Widodo dan KH Makruf Amien pada Pilpres 2019.
Bahkan FKB mendaulat Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk memimpin pemenangan tersebut.

Alasannya dengan kepemimpinannya, para kiai di Jatim akan semakin maksimal memenangkan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019. “Kami berharap forum ini bisa dipimpin Gus Ipul,” kata Koordinator Forum Kiai Bersatu Jawa Timur Ahmad Fahrurrozi usai deklarasi dukungan 200 kiai kepada Jokowi-Mafuf di Hotel Singgasana, Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Dengan percaya diri, bahkan Fahfur menyebut Gus Ipul akan memulai memimpin forum kiai di Jatim usai meletakkan jabatannya sebagai wakil gubernur Jawa Timur. “Nanti (memimpin) setelah Gus Ipul tidak lagi menjabat wakil gubernur per 12 Februari 2019,” beber pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu.

Dikatakan Fahrur, selama ini diakui bahwa selama ini suara kiai di Jatim memang masih belum bulat satu suara ke arah mana dukungan akan ditujukan pada Pilpres pada tanggal 17 April 2019.

Lebih jauh kata Fahrur, kali ini sebanyak 200 kiai yang tergabung dalam FKB Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung paslon nomor urut 01. Para kiai ini terbagi 15 sampai 20 orang yang tersebar di masing-masing kota atau kabupaten se-Jatim. “Mereka nanti akan membentuk tim di tingkat kecamatan dan desa dengan melibatkan kiai kampung dan santri alumni pesantren,” ujarnya

Selain mendeklarasikan diri, para kiai ini juga berkumpul untuk menerima pembekalan pemenangan. Sehingga saat kembali di daerah masing-maaing diharapkan bisa langsung bergerak untuk memenangkan Jokowi-Maruf Amin

“Dukungan ini kami jatuhkan kepada Jokowi dan Kiai Maruf Amin karena selama lima tahun memimpin, Jokowi kita nilai telah berhasil memberikan perhatian besar pada dunia pesantren,” tandas pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu.

Sebelumnya, menurutnya Gus Fahrur, saat ini sekitar 40 persen ulama di Jatim mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sementara sebanyak 30 persen maaih mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. “Ada beberapa alasan, para ulama dan kiai belum satu arah di pilpres. Utamanya, soal arah dukungan. Kalau Gus Ipul ditunjuk menjadi salah satu koordinator dari unsur kiai dan ulama, kekuatan ini akan semakin kuat,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top