Nasional

Ketua MPR Bamsoet: KPK Janji Tak akan Jadi Tunggangan Politik

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Setelah melakukan pertemuan tertutup antara pimpinan MPR RI dan pimpinan KPK RI, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan jika pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji untuk tidak akan menjadi alat bagi kepentingan politik tertentu dalam menjalankan tugasnya.

“Dalam pertemuan dengan kami, pimpinan KPK meyakinkan kepada jika KPK tidak akan menjadi tunggangan partai politik dan kepentingan apapun kecuali kepentingan negara,” tegas Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Selain itu kata Waketum Golkar itu, pertemuan yang berlangsung hampir tiga jam itu juga membahas esensi pemberantasan korupsi.

“Esensi pemberantasan korupsi adalah tidak hanya mengejar pelaku korupsi, tapi juga untuk menyelamatkan keuangan negara. Sehingga siapapun yang berbuat korupsi, itu yang harus dihukum. KPK akan mengejar pengembalian uang negara, juga pelakunya” ujarnya.

Namun demikian lanjut Basoet, pimpinan KPK juga akan bekerja dalam pemberantasan korupsi itu tidak boleh menimbulkan kegaduhan dan ketakutan. “Jadi, kerja KPK harus berlandaskan UU dan aturan yang berlaku,” tambahnya.

Pimpinan KPK juga menyampaikan masalah internal yaitu terkait peralihan status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mekanisme kerja bersama Dewan Pengawas KPK.

Karena itu kata Bamsoet, KPK dalam menjalankan tugasnya itu kini masih menunggu sekitar tujuh (7) Perpres dan UU yang baru. “Yang terpenting, MPR berharap pemberantasan dan pencegahan korupsi itu tidak mengganggu perekonomian nasional dan investasi. Sebab, MPR memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjaga stabilitas nasional,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top