Market

Kenaikan Dana Parpol untuk Perkuat Pilar Demokrasi

images-1

JAKARTA, Terkait Presiden Jokowi yang telah mengesahkan kenaikan dana bantuan partai politik dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2018. PP yang diteken pada 4 Januari 2018 itu dinilai untuk memperkuat pilar demokrasi.

“Saya mengapresiasi kenaikan dana parpol dari Rp 108 menjadi Rp 1.000. Sebab, kenaikan dana bantuan keuangan parpol itu dapat memperkuat pilar demokrasi bangsa Indonesia,” tegas Wasekjen DPP Golkar, Ace Hasan Syazily pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Sebetulnya kata anggota Komisi II DPR itu, kenaikan bantuan negara tersebut nilainya masih jauh dari kebutuhan untuk pembiayaan partai. Namun, Golkar tanpa bantuan negara itu sudah menjalankan fungsi dan perannya sebagai pilar politik di Indonesia.

“Sebagaimana diatur dalam PP tersebut, bantuan itu diharapkan dapat dipergunakan untuk pendidikan politik bagi masyarakat. Kita tentu akan menggunakan dana itu untuk meningkatkan kaderisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat, sehingga dapat memperkuat demokrasi di Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, karena bantuan dana parpol itu berasal dari APBD, maka bantuan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya secara transparan.

“Kita berharap bantuan dana parpol itu bisa meningkatkan kualitas parpol sebagai wadah rekruitmen pemimpin politik, agregator rakyat, pendidikan politik rakyat, dan tentu mendorong bagi terwujudnya tata kelola parpol yang lebih baik dan bersih,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top