Market

Kebijakan BBM Satu Harga Bikin Premium Langka

20180205_192735

JAKARTA-Kalangan DPR menduga kelangkaan BBM jenis Premium di sejumlah SPBU Jabodetabek, karena Pertamina tak mau menanggung beban keuangan yang terlalu berat.

Kemungkinan besar Pertamina berusaha melakukan subsidi silang. Sehingga beban memproduksi BBM jenis subsidi tak terlalu berat. Berdasarkan catatan utang subsidi BBM pemerintah kepada Pertamina yang belum dibayar sekitar Rp34,9 triliun pada 2017.

Tak hanya itu BUMN Migas ini juga berusaha mengurangi beratnya penugasan BBM Satu harga di sejumlah daerah. Karena akibat program tersebut Pertamina harus nomboki sekitar Rp12 triliun. “Dirut Pertamina juga berkeluh kesah dengan adanya potensi yang hilang akibat program BBM satu harga,” kata anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Legislator dari Dapil Jatim X ini mengakui memang ada dampak yang dirasakan oleh Pertamina dari penugasan BBM satu harga ini. Terlebih lagi, harga Indonesia Crude Price (ICP) menyentuh US$60,90 per barel dari US$59,34per barel. “Apa yang dijual pertamina saat ini tidak sesuai dengan ketetapan yang semestinya,” tambahnya.

Namun, kata Eni, karena Presiden Jokowi mempunyai kebijakan agar semua masyarakat dapat menikmati BBM satu harga hingga pelosok negeri, maka jelas bakal mengganggu keuangan Pertamina.

Dengan kondisi demikian, Eni berpesan, agar Pertamina maupun Kementerian terkait dapat menjalankan program BBM satu harga dengan maksimal. Jangan sampai, program ini hanya terlihat sebagai pencitraan semata.
“Padahal hingga kini BBM satu harga belum mempunyai skema rapi karena yang menikmati bukan rakyat tapi masih penyalur,” tandas Eni.

Diketahui, pemerintah menargetkan program bahan bakar minyak (BBM) 1 harga dapat diterapkan di 150 titik dalam kurun waktu tahun 2017-2019.

Untuk tahun 2017 sendiri ditargetkan 54 titik wilayah dengan infrastruktur darat dan laut cukup baik sedangkan di tahun 2018 ditargetkan 50 titik di wilayah dengan infrastruktur darat & laut terbatas. 

Dan pada 2019 ditargetkan sebanyak 46 titik di wilayah dengan infrastruktur darat & laut cukup sulit. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top