Nasional

Kamis, Paripurna DPR Sahkan 5 Calon Anggota BPK

presgathering bogor

BOGOR, SUARAINVESTOR.COM – Ketua DPR Bambamg Soesatyo (Bamsoet) mengatakan Komisi XI DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK periode 2019 – 2023 pada Senin 23 September-Rabu 25 September 2019. Kemudian pada Kamis (26/9/2019) akan disahkan di paripurna DPR RI.

“Pimpinan DPD RI sudah serahkan ke 15 nama calon anggota BPK ke DPR dan sudah dibahas di Bamus DPR. Komisi XI akan uji mereka mulai Senin hingga Rabu minggu depan dan pada Kamis (26/9) sebanyak 5 nama itu akan disahkan paripurna DPR,” tegas Bamsoet saat acara pressgathering wartawan parlemen di Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9) malam.

Soal siapa kelima orang itu yang alan.lolos menjadi anggota BPK sepenuhnya diserahkan ke Komisi XI DPR. “Tentu pimpinan DPR sendiri tak bisa intervensi. Yang jelas Kamis harus disahkan karena tak boleh ada kekosongn di BPK,” ujarnya.

Apakah prosedur uji kelayakan itu sebelumnya dianggap ada masalah karena terlambat di DPD RI kata Bamsoet, yang penting tak melanggar UU dan tak terjadi kekosongan di BPK. ” BPK tak boleh terjadi kekosonan,” pungkasnya.

Anggota BPK periode 2014 – 2019 ini alan berakhir masa kerjanya pada Oktober 2019 mendatang.

Sebelumnya pada Sidang tersebut, Ketua Komite IV DPD RI, Ajiep Padindang meenyerahkan hasil Rekomendasi Calon Anggota BPK RI setelah dilakukan Fit and Proper Test pada 16-17 September 2019 oleh Komite IV DPD RI. Juga telah melewati Rapat Finalisasi pada 17 September 2019 untuk dilaporkan ke DPR RI sebagai pertimbangan.

“Kita luruskan bahwa DPD RI tidak menunda-nunda pemilihan Calon Anggota BPK. Kami baru menerima surat dari Pimpinan DPR kepada Pimpinan DPD yang kemudian diteruskan kepada Komite IV untuk ditindaklanjuti pada 11 September. Saat itu juga kami segera melakukan rapat pleno penentuan jadwal dan segera mengundang dan melakukan fit and proper test kepada 62 calon,” kata Ajiep Padindang.

Sebagaimana berkas yang diberikan kepada DPD untuk dilakukan fit and proper test pada 16-17 September 2019. Bahkan pada 17 September 2019, malam itu juga langsung melakukan finalisasi dan dilaporkan pada Sidang Paripurna Luar Biasa DPD ke-2 pada Rabu (18/9) sebagai rekomendasi sebanyak 15 dari 62  orang yamg uji.kelayakan.

Berikut 15 nama-nama Calon Anggota BPK RI Hasil Rekomendasi DPD RI sesuai urutan peringkat: Drs. H. Akhmad Muqowam, Prof. Harry Azhar Aziz, M.A., Ph.D, Dr. Achsanul Qosasi, Dr. Shohibul Imam, CA., CPA, Dr. Ir. Sahala Benny Pasaribu, M.Ec, Dr. Muhammad Syarkawi Rauf, S.E., M.E, Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA, Dr. Candra Wijaya, Prof. Dr. H. eddy Suratman, S.E., M.A, Ir. H, Tjatur Sapto Edy, M.T, Ir. Daniel Lumban Tobing, H. Wilgo Zainar, S.E., MBA, Dr. Kukuh Prionggo, S.H., M.H, Ir. H. Ahmad Noor Supit, dan Hendra Susanto, S.T., M.Eng., M.H., CFrA.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top