Industri & Perdagangan

Jatim Kendalikan Inflasi Lewat Arus Barang Masuk

suaracargo.com

SURABAYA—Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyiapkan sistem aplikasi teknoogi informasi yang dapat memantau transaksi barang impor ekspor di pintu-pintu masuk Jawa Timur. Aplikasi yang bernama Dashboard bisa memantau pula tekanan inflasi daerah tersebut. “Pemberian subsidi transportasi ini agar harga pangan yang didistribusikan ke daerah-daerah tidak melonjak tinggi dan terjadi inflasi,” kata asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Hadi Prasetyo kemarin.

Menurut Hadi, Pemprov Jatim sebenarnya sudah memiliki TPID yang dibentuk setiap kota/kabupaten di Jatim, kecuali dari Surabaya belum terbentuk. Pemprov Jatim memakai cara pemberian subsidi transportasi yang diberikan kepada distributor melalui Bulog, terutama terutama pada saat-saat momen tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan sejumlah hari besar lainnya.

Penggunaan aplikasi dasboard tersebut, kata Hadi, dapat dipantau oleh tim pengendalian inflasi yang terdiri dari Pemprov Jatim, Dinas Perdagangan, Bank Indonesia, pelabuhan dan bandara. “Jadi dalam sistem itu akan bisa memantau masuknya barang,” tegasnya.

Rencananya, lanjut Hadi, aplikasi dasboard ini diterapkan pada tahun 2016 dan sekarang ini masih proses. Harapannya, ke depan sistem ini juga bisa digunakan untuk memonitor gudang-gudang milik pedagang. “Walau pasokan barang sudah aman, tapi kadang masyarakat itu panik yang akhirnya mereka belanja berlebihan dan menimbun barang,” ujarnya.

Hadi menjelaskan, pada dasarnya rumus pengendalian inflasi itu sama di setiap daerah yakni memastikan pasokan barang dan kelancaran distribusi yang tepat waktu. Hanya saja, selama ini penyebab terjadinya inflasi adalah akibat kepanikan masyarakat yang takut bila tidak ada stok barang.

Selain menggunakan sistem aplikasi dan subsidi transportasi yang berasal dari dana APBD, imbuh Hadi, pemerintah Jatim juga rutin menggelar inspeksi di gudang-gudang milik pedagang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top