Nasional

Irmadi Lubis: Indonesia Butuh Sosok Pemersatu seperti Taufiq Kiemas

Peluncuran Produksi Fim Abang dan Haul Taufiq Kiemas 2

JAKARTA-Anggota MPR/DPR RI Irmadi Lubis mengatakan saat ini Indonesia membutuhkan figur pemersatu seperti almarhum DR (HC) Taufiq Kiemas. Menurutnya, sepeninggalnya mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI itu, bangsa Indonesia telah terpolarisasi akibat adanya perbedaan politik kepentingan di antar sesama warga bangsa.
“Dengan kepergian Pak Taufiq Kiemas baru terasa bahwa Pak Taufiq Kiemas itu akhirnya sosok yang memang diperlukan oleh bangsa ini. Sampai saat ini saya belum menemukan sosok penggantinya,” ucap H. Irmadi Lubis saat menghadiri acara Mengenang 5 Tahun Wafatnya Dr
(HC) Taufiq Kiemas sekaligus Peluncuran Produks Film ‘Abang’ yang mengisahkan perjalanan kehidupan Taufiq Kiemas di Gedung RNI, Jakarta, Kamis malam (5/7).

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumatera Utara I (Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebingtinggi) ini menambahkan karena belum adanya figur pemersatu seperti almarhum maka hingga saat ini polarisasi yang diawali perbedaan politik dua kubu yang berpihak kepada kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) ketegangannya masih terasa sampai sekarang.

“Bisa dirasakan pada Pilkada Serentak 2018 kemarin. Mulai dari Pemilu 2014 lalu sampai pilkada kemarin kita terus terpecah. Dimanapun pilkada kemarin, selalu dibenturkan pada dua kubu yaitu kubu Jokowi atau Prabowo,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berharap secepatnya bangsa Indonesia dapat menemukan figur seperti Taufik Kiemas yang bisa menginsipirasi, menjadi jembatan dan menjadi mediator dari berbagai kepentingan politik, karena perbedaan keyakinan agama maupun karena perbedaan suku bahasa dan letak geografis yang sangay luas ini.

“Saat ini masih terasa ketegangannya, banyak pihak yang berupaya membenturkannya. Kalau ada Pak Taufiq saya yakin tidak akan terjadi polarisasi yang sangat hebat seperti saat ini. Pak Taufiq Kiemas itu tokoh yang sangat fleksibel, bisa merangkul semua pihak. Ke kanan dan ke kiri, teman dia semua,” sebut Irmadi yang menjadi sahabat dekat almarhum diawal pembentukan PDI Perjuangan diakhir masa Orde Baru.

Meskipun karya fenomenal Taufiq Kiemas masih terus dijalankan yaitu Program 4 Pilar Kebangsaan yaitu mengedepankan 4 konsensus kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggak Ika, dan NKRI) tetapi geraknya dirasakan lambat karena karena bangsa ini sudah terlanjur terjebak pada politik pemihakan.

“Pak Taufiq ketika menjadi Ketua MPR sudah membuat langkah tepat sesuai dengan fungsi kelembagaan MPR mensosialisasikan kembali 4 konsensus yang menjadi pilar negara itu. 4 konsensus ini yang harus diletakkan kembali. Sebab kalau tidak maka akan semakin rentan sekali pecahnya. Tidak ada suatu negara dan bangsa yang seheterogen kita,” pesan anggota MPR/DPR empat periode ini.
Irmadi berharap peluncuran produksi film bertema ‘Abang’ yang mengisahkan perjalanan hidup Taufiq Kiemas dapat sukses dan diterima masyarakat Indonesia. Ia juga berharap film ‘Abang’ dapat segera tayang agar dapat menginspirasi rakyat Indonesia tentang pentingnya persatuan, kebersamaan, serta gotong royong antar sesama anak bangsa seperti yang telah diteladani oleh almarhum DR (HC) Taufiq Kiemas.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top