Pertanian

Indonesia Masih Butuh 350.000 Ha Lahan Tebu

images

JAKARTA-Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (Agri), Benny Wachjudi mengungkapkan Indonesia perlu tambahan lahan tebu guna menggenjot produkasi gula. Dengan begitu impor raw sugar bisa berkurang. “Dibutuhkan lahan tebu baru minimal seluas 350.000 hektar,” katanya di Jakarta, Senin (11/7/2016).

Potensi lahan baru tersebut berada di Merauke (Papua), Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Selain itu di NTT, NTB, dan Sumatera Barat, dan Riau. Sedangkan saat ini lebih dari 100 ribu hektar lahan tebu lebih banyak tersebar di Pulau Jawa dan Provinsi Lampung.

Benny berharap, pemerintah bisa menyediakan lahan tebu baru sehingga perusahaan gula rafinasi tak perlu lagi mengimpor raw sugar. Selama ini, raw sugar dipasok dari Brasil, Australia, dan Thailand.

Selain itu, dengan adanya tambahan lahan baru, maka akan menangkal tudingan bahwa industri gula rafinasi tetap menginginkan impor raw sugar. “Jadi itu fiksi kalau kami ingin tetap mengandalkan raw sugarimpor. Lebih untung kalau ada lahan sendiri. Sediakanlah lahan, kami akan bangun,” imbuhnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top