Industri & Perdagangan

IKM Batik Betawi Lengkapi Thamrin City

IMG-20180123-WA0088

JAKARTA-Pusat Belanja Trade Mall Thamrin City Jakarta semakin melengkapi diri sebagai Pusat Batik Nusantara dengan telah hadirnya Batik Betawi yang diharapkan semakin menguatkan TM Thamrin City sebagai destinasi wisata belanja Pusat Batik Nusantara di Jakarta (23/1/2018).

Menurut General Manager TM Thamrin City Adi Adnyana, kehadiran batik Betawi ini yang merupakan kerjasama Thamrin City dan Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat yang terletak di Lantai 1 Blok H-37 No. 6 & 9 Gedung Thamrin City.

Gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat ini merupakan wadah para pengrajin untuk membuat dan menjual kain Batik Betawi, busana Batik Betawi dan cendera mata khas Jakarta. “Kami mengapresiasi kerjasama ini untuk semakin memperkenalkan ciri khas Budaya Betawi termasuk Batik Betawi yang akan semakin melengkapi Thamrin City sebagai destinasi wisata belanja Batik Nusantara terbesar di Jakarta,” ujar Adi Adnyana.

Sementara Walikota Jakarta Pusat Bapak Drs. Mangara Pardede, M.Si mengatakan, kehadiran gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat yang menghadirkan Batik Betawi, sebagai respon positif atas permintaan Walikota Jakarta Pusat kepada pihak Thamrin City untuk menghadirkan dan mempromosikan budaya dan kerajinan khas Betawi beberapa waktu yang lalu saat Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2017 di TM Thamrin City. “Kami diberikan tempat gratis selama satu tahun dan mudah-mudahan bisa berkembang cepat agar tidak gratis terus di waktu yang akan datang,” ujarnya

Lebih jauh Mangara menjelaskan TM Thamrin City akan menjadi destinasi wisata belanja untuk acara-acara internasional seperti Asian Games yang akan datang. “Para peserta Asian Games akan datang ke TM Thamrin City untuk berbelanja oleh-oleh yang khas dari Indonesia,” katanya.

Ketika meresmikan pembukaan Gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ibu Feri Farhati Ganis, selaku Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta berharap agar dibukanya gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat di Thamrin City harus dibarengi dengan produk-produk unggulan yang berkualitas.
“Jika kualitas produk yang dijual baik maka diharapkan diterima oleh pasar dan kerjasama dengan TM Thamrin City bisa lebih diperluas lagi,” ujar Ibu Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini.

Kehadiran Gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat ini, kata Ibu Gubernur Provinsi DKI Jakarta, ikut mendorong promosi Batik Betawi hasil karya pengrajin Jakarta dengan menampilkan Batik betawi sebagai bahan dasar berbagai bentuk barang dan keperluan. “Kehadiran gerai dekranasda Kota Administrasi di Pusat Perbelanjaan merupakan langkah strategis untuk mendekatkan pengrajin dan pembeli,” tandasnya.

Selama ini TM Thamrin City dikenal sebagai ikon pasar batik berkualitas dan lengkap sangat mendukung pemberdayaan UMKM dan produk-produkk has Indonesia dengan mobilitas perdagangan yang tidak diragukan.
“Sehingga akan memberikan kemudahan bagi pembeli untuk mencari produk-produk khas Jakarta seperti batik betawi,” jelasnya.
Disela-sela peresmian Gerai Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, GM TM Thamrin City menambahkan, “Untuk meramaikan TM Thamrin City di awal tahun 2018 ini kita menyelenggarakan event yang digemari orang dimana-mana, yaitu festival Sate pada tanggal 26 – 28 Januari 2018 di area Ladies Parking Ladies Market Thamrin City dan Pesta Durian di lokasi yang sama,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top