Headline

HM Sampoerna Nilai Keselamatan Kerja Sama Penting Dengan Bisnis

SURABAYA-PT HM Sampoerna Tbk berkomitmen masalah
Keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan merupakan prioritas utama yang harus diwujudkan.

Bagi Sampoerna, menjaga keselamatan karyawan sama pentingnya dengan menjalankan bisnis. “Kedepannya, kami akan terus berkomitmen untuk menjaga dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, sesuai peraturan yang berlaku,” kata Presiden Direktur Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis dalam siara persnya di Jakarta, (27/2/2017).

Seperti diketahui Pemprov Jawa Timur memberikan penghargaan kepada PT HM Sampoerna, Tbk dalam bidang ketenagakerjaan.

Seluruh penghargaan Ketenagakerjaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam rangkaian acara Gelar Ketenagakerjaan Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul memberi apresiasi kepada HM Sampoerna. “Kita ucapkan selamat, apresiasi, dan berikan rasa hormat kepada perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan. Mudah-mudahan kinerjanya semakin bagus,” katanya.

Dalam sambutannya Gus Ipul juga menyampaikan bahwa pada tahun 2016, di Jawa Timur terjadi kecelakaan kerja sebanyak 7.017 insiden.

Ia mengatakan, ” Inilah pekerjaan rumah kita untuk menekan (insiden kecelakaan) sekecil mungkin. Diharapkan akan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang mengikuti prosedur, menggunakan, dan menerapkan manajemen keselamatan kerja”.

Komitmen Sampoerna sejalan dengan fokus Pemprov Jawa Timur dalam melaksanakan program penanggulangan HIV/AIDS maupun K3, dan Sampoerna merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang berturut-turut meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil sejak 1999.

Tahun 2016 lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) telah mencatat Sampoerna sebagai perusahaan Indonesia dengan jumlah jam kerja terbanyak tanpa kecelakaan selama 20 tahun (periode 1996-2016), yaitu 757.000.000 jam.

Lembaga Kerja Sama Bipartit (LKSB) Sampoerna juga dianugerahi Juara Pertama Gelar Ketenagakerjaan setingkat propinsi. Pembentukan LKSB merupakan bentuk dukungan Sampoerna untuk memfasilitasi kegiatan positif bagi karyawan dalam bentuk forum komunikasi bagi tenaga kerja dan pemenuhan kewajiban sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Prestasi ini merupakan kerjasama antara berbagai pihak, antara lain manajemen, LKSB Sampoerna, serta Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maupun Departemen Hubungan Karyawan Industri Sampoerna. “Kami berterima kasih atas kerjasama yang baik antara perusahaan dan Pemprov Jawa Timur selama ini. Harapan kami ialah bahwa komitmen kami dapat mendukung program pemerintah di bidang ketenagakerjaan,” Tutup Mindaugas. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top