Nasional

Hanura Minta Kedepankan Sikap Negarawan

JAKARTA – Ketua umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang (OSO) meminta semua pihak bersikap negarawan. Dia meminta pasangan calon beserta pendukungnya baik yang kalah maupun yang menang dapat memberi suasana kesejukan.

“Yang kalah memberikan selamat kepada yang menang, sebaliknya yang menang juga jangan berbesar hati. Sehingga membawa suasana yang sejuk, tidak terbawa euforia,” kata Oesman Sapta Odang di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Meski partainya tergabung dalam koalisi partai pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, namun dirinya menghormati apapun keputusan yang telah diambil warga DKI Jakarta yang berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) mayoritas memilih pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno.

“Harapan kita semuanya selesai sudah, mulai dari masa kampanye, perdebatan, dan segala macamnya. Karena memang itu sah-sah saja. Tapi ini hari, semua sudah selesai. Dan masyarakat di daerah khususnya warga DKI Jakarta harus menujukkan kedewasaannya,” kata OSO yang bersama isteri dan keluarganya mencoblos di TPS 03 Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

OSO mengungkapkan satu hari menjelang hari pemungutan suara, semua partai pendukung Ahok-Djarot berkumpul kemudian membuat satu kesepakatan. “Itu pada dasarnya ada kesamaan pendapat di antara partai pendukung bahwa kita menerima kemenangan, dan orang yang kalah harus memberi keteladanan. Dan menghormati yang menang,” bebernya.

Ia mengaku mendapat laporan dari jajaran partainya di lapangan tentang adanya kesalahpahaman di antara pendukung calon namun dia menilai secara keseluruhan, keamanan berjalan sangat kondusif. Ia juga memuji kerja keras aparat kepolisian dibantu TNI dalam menjaga agar situasi dan kondisi Ibukota Jakarta berjalan aman.

“Aparat keamanan bekerja keras mengamankan pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Bukan berpihak kepada siapapun juga tapi bagi bangsa, rakyat yang berada di Jakarta. Dari hasil laporan yang saya dengar ada sedikit riak. Itu biasa. Tapi tidak mempengaruhi keamanan,” kata OSO yang juga Ketua DPR RI.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top