Nasional

Golkar Dukung Kenaikan Ambang Batas Parlemen 2024

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Menyusul hasil rekomendasi Rakernas I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020) lalu, yang meminta menaikkan ambas batas parlemen ((parliamentary threshold/PT) menjadi 5 persen, Golkar malah minta dinaikkan lagi menjadi 6 – 7 perse.

“Kenaikan ambang batas itu bagus. Tapi, kalau bisa dinaikkan lagi PT itu menjadi 6 – 7 persen. Golkar ingin naik dari 4 persen menjadi 7 persen untuk pemilu 2024,” tegas Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Bamsoet menilai ambang batas parlemen sudah seharusnya naik dari waktu ke waktu. Hal itu untuk mencegah terjadinya banyaknya partai yang akan melenggang ke Senayan. “Kenaikan itu untuk mencegah terjadinya ledakan jumlah partai di DPR RI,” katanya singkat.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam penutupan Rakernas I dan HUT ke-47 di Jakarta, Minggu (12/1), membacakan rekomendasi peningkatan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) menjadi 5 persen.

Pemberlakuannya sendiri dilakukan secara berjenjang yakni 5 persen untuk DPR RI, 4 persen DPRD Provinsi dan 3 persen DPRD Kabupaten/Kota. Serta diiringi perubahan district magnitude, 3-10 kursi untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan 3-8 Kursi untuk DPR RI.

Rekomendasi pertama yakni, PDIP mendukung sepenuhnya sikap tegas pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam upaya menjaga eksistensi, kehormatan dan kedaulatan teritorial dan kedaulatan ekonomi NKRI dari berbagai tindakan pihak manapun, termasuk kepentingan asing.

Kedua, partai merekomendasikan agar menyusun langkah politik strategis, guna menyusun haluan pembangunan nasional, melalui strategi industri hulu-hilir berbasis penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendorong riset dan inovasi.

“Haluan Pembangunan Nasional yang dirancang tersebut merupakan jalan kemakmuran yang bertumpu pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar menjadi manusia Indonesia dengan semangat berdikari,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

PDIP juga, lanjut Hasto, merekomendasikan agar seluruh keanekaragaman pangan, bumbu-bumbuan, rempah, dan seluruh kekayaan hayati, serta apa yang terkandung di dalam bumi, air, laut dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai sumber kemakmuran Indonesia. Dan berdikari melalui riset dan inovasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top