Perbankan

Gerak Ekonomi Nasional Berasal Dari Akumulasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

perteumbuhan_ekonomi_ilustr

JAKARTA-Kemajuan perekonomian nasional merupakan akumulasi dari kemajuan ekonomi daerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu 540 kabupaten/kota harus menjadi volunteer dan menjadikan daerah tersebut kompetitif. “Pertumbuhan ekonomi yang baik itu bukan dari konsumsi, namun investasi,” kata Ketua DPD RI Irman Gusman dalam “Refleksi Akhir Tahun 2015 DPD RI” di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Menurut Irman, persaingan saat ini bukan lagi antar negara, tapi sudah antar daerah. Sebut saja, soal pariwisata. “Dulu daerah yang terkenal sektor pariwisata itu hanya Bali dan Yogyakarta. Sekarang sudah melebar, ada sejumlah daerah yang menawarkan daerah wisata unggulan,” tambahnya.

Menyinggung soal derasnya globalisasi, kata Irman, bagaimanapun juga harus disikapi dengan arif. “Yang penting kita harus setia dengan konstitusi. Sikapi dengan bijak dan jangan sembrono,” ujarnya.

Biasanya, lanjut Irman lagi, investor itu akan lari secara diam-diam jika tak merasa nyaman. Makanya bangsa ini harus bisa menjaga situasi yang kondusif demi investasi. “Kita perlu mengikis oknum-oknum yang menghambat investasi, supaya ekonomi menjadi tumbuh,” ucap senator asal Sumatera Barat.

Irman menjelaskan investasi saat ini belum tumbuh. Oleh karena itu dana investasi yang ada belum cukup untuk membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. “Kita masih mengandalkan dari dana deposito, tabungan dan dana jangka pendek. Sementara untuk membangun infrastruktur membutuhkan dana jangka panjanga,” imbuhnya. **aec

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top