Nasional

Enam Tokoh Nasional Dianugerahi Gelar Pahlawan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Menyambut peringatan hari Pahlawan Nasional pada 10 November 2019 mendatang setidaknya ada enam tokoh yang akan mendapatkan gelar pahlawan nasional. Diantaranya ada tokoh BPUPKI/PPKI, Sultan, dokter dan lain-lain.

Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie mengatakan, enam tokoh tersebut merupakan penyaringan dari 20 nama yang diajukan Kementerian Sosial.

“Dari 20 yang diajukan, oleh Menteri sosial, kita akhirnya sampai pada kesimpulan tahun ini enam saja. Jadi enam dari 20 yang diajukan,” tegas Jimly, Jumat (8/11/2019).

Penganugerahan gelar pahlawan nasional itu rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat siang ini. Jimly belum mau menyebutkan siapa saja enam tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional.

Namun, ia memberi bocoran, tiga diantaranya merupakan anggota BPUPKI/PPKI. “Tiga anggota BPUPKI/PPKI yang tersisa yang ketinggalan belum dapat anugerah selama ini,” katanya.

Adapun, tiga tokoh lainnya merupakan tokoh dari latar belakang yang berbeda. Ada satu tokoh perempuan yang banyak berjasa di bidang jurnalisme dan pendidikan.

Pertama di Indonesia Timur Ada seorang sultan dari salah satu provinsi yang dianggap berjasa karena menentang penjajahan Belanda.

“Sebagai satu-satunya penentang Belanda di kesultanan daerahnya yang karena politik adu domba oleh Belanda selalu berpihak ke Belanda kecuali dia, sehingga dipaksa turun tahta, tapi kemudian berhasil kembali jadi sultan,” kata Jimly.

Terakhir, ada juga seorang tokoh dokter yang berjasa di dunia pendidikan.

Selain itu ada tokoh asal DIY Yogyakarta, Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakir dan Prof. Dr. Sardjito akan dianugerahi gelar pahlawan,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Untung Sukaryadi saat dihubungi, Kamis (07/11/2019) malam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top