Nasional

DPR Kecewa, KKP Tak Penuhi Target Setoran PNPB

susi-2

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menilai kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kurang baik terkait anggaran. Karena setoran KKP di bawah Rp 1 triliun lebih kecil dari kekemterian yang lain.

“Target PNBP (Penerimaan negara bukan pajak) dari perikanan sendiri di 2020 sebesar Rp 900,35 miliar. Angka itu paling kecil dibandingkan target PNBP kementerian lainnya yang rata-rata jauh di atas Rp 1 triliun,” tegas anggota Banggar Fraksi Gerindra Bambang Haryo di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Bambang Haryo meminta KKP yang dipimpin oleh Susi Pudjiastuti, tidak hanya bakar-bakar dan tenggelamkan kapal, sementara banyak nelayan yang tak dapat izin. “Jadi, PNPB Rp 900 miliar itu kecil, jika produksi ikan bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Hadir dalam rapat kerja tersebut antara lain para eselon I antar kementerian; Kepala BKF (Badan Kebijakan Fiskal) Suahasil, Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Aryono, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM Sutijastoto, Dirjen Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar, dan Dirjen Pengelolaan Daerah Air Sungai dan Hutan Lindung.

Wakil Ketua Banggar Said Abdullah (FPDIP) juga menyatakan kekecewaannya, karena Susi sebagai Menteri KKP kinerjanya kurang memuaskan. Padahal, anggarannya besar, namun PNPB –nya kecil. ‘Masak jadi menteri kerjanya hanya nembakin kapal,” kata anggota Komisi XI DPR itu.

Pada 2019 ini target PNBP perikanan hanya Rp 600 miliar, tapi per Juli hanya Rp 285 miliar. “KKP harus memperbaiki kinerjanya,” ungkap Said.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top