Headline

DPD RI Rekomendasikan 15 Nama Calon Anggota BPK

Rekomendasi DPD RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sepakat merekomendasikan 15 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sidang paripurna DPD RI dipimpin Nono Sampono dan didamping Wakil Ketua DPD lainnya, Ahmad Muqowam, Darmayanti Lubis dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

Adapun daftar 15 nama calon anggota BPK yang direkomendasikan DPD RI, antara lain Ahmad Muqowam, Harry Azhar Azis, Achsanul Qosasih, Shohibul Imam, Sahala Benny Pasaribu, Muhammad Syarkawi Rauf, Muhammad Yusuf Ateh, Chandra Wijaya, Eddy Suratman, Tjatur Sapto Edy, Daniel Lumbang Tobing, Wilgo Zainar, Kukuh Prionggo, Ahmadi Noor Supit, Hendra Susanto

Disinggung soal penetapan 15 nama itu, Nono Sampono menjelaskan tentu Komite IV DPD RI memiliki parameter dalam penilaian. “Mereka sudah biasa dalam melaksanakan fit and proper test. Jadi bukan hasil direkayasa. Intinya, beliau (Muqowam) cukup pantaslah. Bukan karena sesama DPD RI,” paparnya lagi.

Dalam penetapan 15 nama itu, Nono mengakui pro dan kontra sudah pasti ada. Namun suara mayoritas yang akan diambil. “Jadi 15 nama yang sudah direkomendasikan ini secepatnya dalam minggu ini akan diserahkkan ke DPR, melalui pimpinan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite IV DPD RI Siska Marleni yang dikonfirmasi wartawan menegaskan pelaksanaan fit and proper tersebut tersebut hanya dihadiri 54 calon anggota BPK. Ada 8 calon yang tidak menghadiri undang fit and proper. “Jadi yang diserahkan itu, 15 calon peringkat besar dari 54 orang yang hadir,” ungkapnya.

Pihaknya, kata Siska, selanjutnya menyerahkan 15 nama-nama yang direkomendasikan itu kepada sidang paripurna.

Ditanya soal adanya protes dari anggota DPD RI dalam sidang paripurna terkait Tatib DPD RI, Siska menjelaskan protes tersebut bukan ditujukan soal rekomendasi 15 nama calon anggota DPD RI. Tapi protes terhadap Tatib Pemilihan Pimpinan DPD RI ke depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top