Nasional

DPD Ingatkan Pentingnya Membangun Daerah Perbatasan

NONO PINGGIRAN-2

JAKARTA, Wakil Ketua DPD RI mengingatkan pemerintah akan pentingnya mengoptimalkan pembangunan untuk masyarakat pinggiran atau perbatasan.

“Daerah pinggiran itu sebagai garda terdepan menghadapi ancaman dari luar. Sehingga kalau pinggiran kuat, maka NKRI akan kuat,” tegas Nono di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Hal itu disampaikan dalam forum group discussion (FGD) yang dihadiri gubernur Lemhanas Agus Widjojo, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan.anggota Komisi II DPR FPDIP Budimn Soedjatmiko.

Dalam FGD bertema “Penguatan Konstitusionalitas Masyarakat Pinggir Indonesia” itu Nono menjelaskan jika DPD mwndorong pembangunan dari pinggiran daerah.

Karena itu kata dia, ada 3 RUU yang difokuskan dalam FGD ini yaitu RUU Wawasan Nusantara, RUU Daerah Kepulauan, dan RUU Ekonomi Kreatif. “Ketiga RUU itu sudah masuk Prolegnas 2017 dan diharapkan pada persidangan 2018 iki bisa diselesaikan,” kata senator dari Provinsi Maluku ini.

Selama ini menurut Nono daerah kepulauan identik dengan kemiskinan, pengangguran, dan infrastruktur yang tidak memadai. “Maka RUU Daerah Kepulauan jika diundangkan akan mampu menghadapi MEA. Sebab, kalau MEA berjalan, yang menderita adalah daerah tertiinggal,” ungkapnya.

Sementara itu Agus Widjojo menyinggung RUU Wawasan Nusantara (Wanus). Menurutnya Wawasan Nusantara merupakan doktrin operasional dari empat konsensus dasar kebangsaan.

“Tantangan dari UU Wanus adalah menerjemahkan gagasan menjadi suatu hal yang konkret. Jangan sampai dari atas itu adalah gagasan, angan-angan. Tapi ini adalah doktrin nasional yang akan diwadahi dalam UU, dan bagaimana implementasinya itu yang mengikat masyarakat,” jelas Agus.

Agar UU bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak terjadi gesekan saat diterapkan, maka Agus memandang perlu adanya konsultasi publik.
“Proses legislasi yang lemah itu konsultasi publik. Dimana jika UU tidak tepat maka akan terjadi gesekan dan problem bary dengan masyarakat,” pungkas Agus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top