Nasional

DKPP Gelar Sidang Etik Seleksi Panwas se-Jawa Timur

jimly di mpr ri-2

JAKARTA- Sidang dugaan pelanggaran kode etik ketua dan anggota Bawaslu RI digelar Ruang Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2017).

Sidang etik dilakukan terkait perkara pengaduan seleksi Panitia Pengawas Pemilu se-Jawa Timur yang dinilai melanggar ketentuan perundangan. Pengadu, Bertholomeus George Da Silva dalam dalil pengaduannya ke DKPP menyatakan, para Teradu tidak menanggapi laporan Pengadu terkait kebocoran soal tes tertulis seleksi Panwas Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Sidang berlangsung singkat karena Bertholomeus George Da Silva ternyata tidak hadir dan mengajukan surat pencabutan pengaduan. “Surat pencabutan Pengadu baru kami terima hari ini,” kata Ketua Majelis Harjono saat memimpin sidang.

Bertholomeus George Da Silva selaku Pengadu telah dipanggil oleh DKPP tertanggal 30 November 2017 dengan nomor surat panggilan sidang 2116/DKPP/SJ/PP.00/XI/2017. Kemudian dia diminta hadir dalam sidang pada Senin (4/12/2017), namun ternyata tidak hadir dan mengajukan surat pencabutan.

“Setelah melakukan perembukan dengan keluarga, dan demi kepentingan yang lebih besar, pihak Pengadu mencabut laporan/pengaduan,” kata Bertholomeus George Da Silva dalam surat tertanggal 1 Desember 2017 yang dibacakan oleh Ketua Majelis Harjono.

Teradu yang juga ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, pihaknya berharap agar perkara yang diadukan Bertholomeus George Da Silva terhadapnya selesai. “Dengan adanya pencabutan pengaduan ini, kami sebagai Teradu berharap selesai,” kata Abhan saat dimintai tanggapan oleh majelis terkait surat Pengadu.

Sidang dihadiri Ketua DKPP Harjono yang bertindak sebagai ketua majelis, dan anggota majelis yang terdiri dari Prof Muhammad, Ida Budhiati, Alfitra Salamm.

Selain Abhan, hadir juga Teradu lain: Ratna Dewi Pettalolo, Rahmat Bagja, dan Fritz Edward Siregar, anggota Bawaslu RI. DKPP juga menghadirkan Sufyanto, ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur periode 2012-2017 sebagai pihak terkait. Sufyanto hadir di kantor Bawaslu Provinsi Jawa Timur dengan komunikasi melalui video conference.(nto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top